Diduga Korupsi, Massa JKS Minta Poldasu Tangkap Sarmadan Hasibuan

Medan Berita – Terkait aksi tindak pidana kasus dugaan Korupsi Eks Sekda Padang Sidimpuan, Sarmadan Hasibuan yang selama menjabat sebagai Sekda diadukan oleh Puluhan massa yang tergabung dalam Jaringan Keadilan Nusantara (JKS) ke Mapoldasu, Rabu (02/12/2015) siang.

Kedatangan massa yang dipimpin Ginda Ritongga selaku koordinator aksi di depan Gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) meminta agar Poldasu menangkap Sarmadan Hasibuan.

Koordinator aksi Ginda Ritongga dalam laporannya kepada petugas SPKT mengatakan, Kami banyak. mengetahui informasi bahkan memegang data, Eks Sekda Padang Sidimpuan, Sarmadan Hasibuan yang dinilai selama menjabat sebagai Sekda diduga melakukan Tindak Pidana Korupsi.

Oleh karna itulah kami dari Jaringan Keadilan Nusantara (JKS) harus mendatangi Poldasu untuk mendesak Poldasu melakukan pemeriksaan dan menangkap Eks Sekda tersebut.

Dikatakan Ginda Ritongga bahwa pada Tahun 2008, 2009 dan 2010 pemerintah Kota Padang Sidimpuan menganggarkan beberapa anggaran untuk perbaikan Kota Padang Sidimpuan baik dari segi perekonomian untuk membantu kesejahteraan masyarakat yang ada di Kota Padang Sidimpuan.

Namun kata Ginda Ritongga dalam penganggarannya itu ada beberapa yang kurang tepat sasaran sesuai dengan hasil investigasi dan survai dilapangan dan kami duga hal itu terindikasi Tindak Pidana Korupsi.
Sementara pada pemantauan tindak lanjut laporan hasil pemeriksaan atas sistem pengendalian internal dalam kerangka pemeriksaan keuangan pemerintahan Kota Padang Sidimpuan T.A 2008, 2009, 2010 tidak sesuai dengan yang ada dilapangan.

“Apakah itu tidak dinamakan korupsi yang telah nyata merugikan Negara,” ujar Kordinator Aksi Ginda Ritongga saat di Mapoldasu.

Selain itu Sebut Ganda ada lagi beberapa temuan dilapangan yaitu, pengangggaran Realisasi Belanja Subsidi personil pada Sekretarias Daerah, Temuan pemeriksaan nilai kas Daerah pada laporan keuangan pemerintahan Kota Padang Sidimpuan TA 2008 tidak dapat diyakini kewajarannya, Realisasi belanja bantuan sosial kepada Organisasi Kemasyarakatan, Pengeluaran atas belanja perjalanan Dinas pada Sekretarias DPRD, Terdapat kekurangan Volume dari beberapa pekerjaan pada dinas Pemuda dan Olahraga, Kebudayaan dan Parawisata derah Kota Padang Sidimpuan yang terindikasi kuat Tindak Pidana Korupsi sehingga merugikan keuangan Negara, Pengadaan alat-alat kesehatan pada dinas kesehatan daerah Kota Padang Sidimpuan. Atas temuan itu, Maka jumlah total kerugian Negara diperkirakan sebesar Rp12.379.011.728 dari keseluruh anggaran yang ada.

” Sungguh sangat besar Angka Rupiah yang di korupsi tersebut, dan jika Angka Rupiah itu dipergunakan untuk masyarakat Kota Padang Sidimpuan, kami yakin dan percaya Angka Rupiah sebanyak itu dapat memakmurkan masyarakat Padang Sidimpuan,” bebernya.

Bedasarkan kasus dan Permasalahan dugaan kasus korupsi itu, kami atas nama JKS menyatakan pernyataan sikap diantaranya meminta Kejatisu agar memanggil dan memeriksa Sarmadan Hasibuan (Mantan Sekda Padang Sidimpuan), meminta Kejatisu agar lebih tegas dan serius menangani Korupsi Kolusi dan Nepotisme di Sumut.

” Kami juga meminta Kapoldasu Irjen Pol Drs.Ngadino SH.MM agar segera mengusut tuntas atas dugaan Tindak Pidana Korupsi yang terjadi di Padang Sidimpuan pada TA 2008, 2009, 2010. Serta meminta kepada Poldasu agar segera menangkap Sarmadan Hasiibuan jika terbukti bersalah dan Meminta penegak hukum agar profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam memberantas Tindak Pidana Korupsi,” ungkap massa mengakhiri orasinya.

 

(Laporan Dari Poldasu, MB-1)

Please follow and like us:
0

Comments

comments


Parse error: syntax error, unexpected '<' in /home/medan891/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/navigation.php on line 2