Buat Dapur Umum, Buruh Gudang Alfamart Ancam Nginap di Pabrik

Medan Berita – Aksi mogok kerja buruh PT.Sumber Alfaria Trijaya (SAT) yang beralamat Jalan Industri Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang memasuki hari ke-3 sejak dimulai Senin kemarin, akibat belum terpenuhi tuntutan mereka para buruhpun membuat dapur umum didepan gerbang perusahaan yang menyuplai barang ke minimarket Alfamart tersebut, Rabu (30/12/2015).

Pantauan medanberita.co.id dilapangan, terlihat para buruh perempuan memasak dengan menggunakan tungku kayu dan peralatan masak lainnya. Menurut para buruh pembuatan dapur umum ini selain untuk persiapan konsumsi para peserta aksi, bahkan para buruh juga mangancam siap untuk melakukan aksi nginap didepan pabrik sampai tuntutan dipenuhi, Hal ini disampaikan Rizky Andi selaku ketua PUK FSPMI PT.SAT.

” Kita siapkan dapur umum, dan kami tunjukan kepada managemen Alfamart, bahwa kita siap untuk aksi menginap sampai tuntutan kita dipenuhi,” ujar Andi.

Andi mengatakan hingga saat ini belum ada respon baik dari perusahaan, selama aksi berlangsung perundingan dengan pihak manajemen masih belum bersedia memenuhi tuntutan para buruh.

” Tuntutan kita agar 11 orang rekan kami yang di PHK dipekerjakan, serta hak normatif dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku, tapi hingga saat ini belum dipenuhi pihak mamagemen, sudah dua kali berunding,” tuturnya.

Andi juga mengaku siang ini akan dilangsungkan pertemuan dengan pihak managemen pusat PT.SAT, dirinya berharap dalam pertemuan nantinya ada keputusan sesuai harapan para buruh.

” Siang ini pukul 13.00 wib dijadwalkan perundingan kembali dengan managemen pusat, kita berharap mereka mengabulkan tuntutan para buruh yang semua adalah sesuai hal normatif,” harapnya mengakhiri.

Seperti diberitakan sebelumnya, aksi mogok kerja para buruh yang tergabung dalam Pimpinan Unit Kerja Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (PUK FSPMI) PT.SAT direncanakan untuk satu minggu kedepan. Para buruh dalam aksinya menolak PHK Sepihak tehadap 11 orang rekannya dan meminta agar perusahaan melaksanakan ketentuan hak normatif buruh meliputi : upah sesuai UMSK, Upah kerja lembur, pemberian cuti tahunan, cuti haid hamil dan melahirkan bagi buruh perempuan, angkat pekerja kontrak menjadi pekerja tetap serta menolak pemotongan denda sepihak yang merugikan pekerja. Akan tetapi hingga saat ini tuntutan para buruh belum bisa dipenuhi, pengakuan pihal mamagemen PT.SAT Cabang yang berwenang memutuskan adalah manegemen pusat PT.SAT di Jakarta yang infonya akan hadir pada hari ini.

 

(Laporan Dari Deliserdang, MB-14)

Please follow and like us:
0

Comments

comments


Parse error: syntax error, unexpected '<' in /home/medan891/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/navigation.php on line 2