Pemkab DS Kucurkan Anggaran di Desa Fiktif

Medan Berita – Isu mengenai adanya desa yang tidak berpenghuni di Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang menjadi polemik disaat akan turunnya dana desa. Menurut keterangan yang diambil pada Rabu (30/03/2016) sekira jam 17.00 WIB.

Hal itu adalah korupsi, karena berpotensi merugikan negara, kata Sutrisno Pangaribuan, ST anggota DPRDSU.

Ia menerangkan bagaimana desa dikatakan fiktif.

” Desa itu harus ada wilayahnya, harus ada penduduknya dan pemerintahannya. Salah satu saja tidak ada itu fiktif,” tegas Sutrisno anggota Komisi C ini.

Dari informasi yang diterima, Desa Uruk Gedang, Desa Gunung Berita dan Desa Rumah Keben memang secara administrasi terdaftar di negara sebagai desa. Hal ini ditandai dengan mengucurnya dana desa dari Pemerintah Kabupaten Deli Serdang ke desa wilayah Kecamatan Namorambe masing-masing Uruk Gedang mendapat Rp 313.177.000, Gunung Berita Rp 312.325.000 dan Rumah Keben Rp 316.237.000.

Sutrisno pun meminta kepada Pemkab DS sebagai koordinator wilayah kabupaten untuk melakukan pengecekan.

” Pemerintah Kabupaten Deli Serdang sebagai koordinator wilayah kabupaten untuk melakukan pengecekan apakah desa itu ada,” ujar politisi PDI-P ini.

Kemudian pihak terkait dari hukum sudah bisa melakukan penyelidikan.

” Polres Deli Serdang dan Kejari Lubuk Pakam sudah bisa melakukan penyelidikan,” tandas mantan anggota Komisi A DPRDSU.

Camat Namorambe, Surya Bangun yang dikonfirmasi melalui telepon selulernya tidak menjawab. Pesan singkat yang dilayangkan juga tidak dibalas mengenai desa dimaksud beserta anggarannya.

Salah seorang praktisi hukum angkat bicara mengenai permasalahan desa ini.

” Desanya fiktif ini harus ditelusuri. Pihak kepolisian dan kejaksaan melalui fungsinya pencegahan dan penindakan harus turun langsung,” ungkap Muslim Muis.

Kemudian, dalam keterangannya juga perlu ditanyakan bagaimana dana-dana sebelum ini terkuak.

” BPK (Badan Pemeriksaan Keuangan) harus mengaudit ini, karena mereka pakai uang negara,” tandas Muslim.

(Laporan dari Medan, MB-03)

Please follow and like us:
0

Comments

comments


Parse error: syntax error, unexpected '<' in /home/medan891/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/navigation.php on line 2