Kualitas USU Secara Akademik Anjlok

Medan Berita – Anggota Komisi E DPRDSU, Janter Sirait, SE, Everedy Sitorus dan Yantoni Purba mengkritisi keberadaan Universitas Sumatera Utara (USU) yang kini kwalitasnya secara akademik anjlok dan terus menurun.

Kepada wartawan, Senin (23/05/2016) siang. Ketiga anggota Dewan ini secara bersamaan mengharapkan USU sebagai wadah pendidikan generasi penerus Bangsa yang dulu menjadi kebanggaan Sumut, jangan dikomersilkan oleh oknum-oknum yang hanya mencari keuntungan sesaat.

Janter Sirait mengherankan standard minimal kelayakan yang ditentukan kementerian yang mengharuskan akreditasi B, namun sebagaimana diketahui kini USU meraih Akreditasi C sehingga tidak memenuhi persyaratan untuk dapat menerima calon Mahasiswa/i dari jalur Mandiri serta jalur Internasional.

Menurut Everedy jika saja USU mendapatkan akreditasi B, dapat memungkinkan USU diperbolehkan untuk menerima Mahasiswa tersebut. Oleh karenanya sudah sebaiknya USU melakukan pembenahan dan fokus meningkatkan akreditasinya dari pada memperioritaskan Mahasiswa/i jalur mandiri.

Sepanjang perbaikan kwalitas dan pelayanan tidak diperbaiki diminta, Mendikbud untuk segera menghentikan dan menutup penerimaan Mahasiswa dari jalur Mandiri dan jalur lainnya sampai USU menunjukkan kemampuannya mengembalikan kredibilitasnya sebagai Universitas yang patut dibanggakan terutama bagi Fakultas Kedokteran USU.

” Kita sangat menyayangkan USU yang menjadi andalan Sumut kini hanya mampu menempati akreditasi C, mengakibatkan sekarang orang-orang pintar di Sumut, sudah hengkang keluar untuk mengecap dan melanjutkan pendidikan, salah satu kota Pendidikan yang dipilih adalah Pulau Jawa. Pertimbangan itu diambil dikarenakan adanya penilaian tamatan-tamatan Universitas di Pulau Jawa dianggap paling bagus, sementara dengan anjloknya akreditasi USU, ada kekawatiran alummninya tidak diterima atau sulit memasuki pangsa kerja. Berbeda dengan dulu dimana alumni USU masih diperhitungkan di Indonesia ini bahkan sempat menempati posisi nomor 2 terbaik setelah Universitas Indonesia (UI),” jelas Everedy.

Hal senada juga dikatakan Yantoni Purba, dirinya meminta agar Akreditasi USU harus ditingkatkan.

” Inikan Universitas kebanggakan Sumut, harus ditingkatkan lagi Akreditasinya,” ungkapnya.

Sementara Janter Sirait mengesalkan, sistem pengelolaan jenjang kepangkatan dan karier di USU. Dimana ada mantan Dekan Fakultas Kedokteran USU yang kini mendapatkan jabatan dan dipercaya sebagai Sekretaris Jendral (Sekjen) USU. padahal menurutnya track recordnya tidak baik. Boleh dikatakan dibawah kepemimpinan mantan Dekan ini Fakultas Kedokteran USU saat itu mengalami masa suram dan Fakultas tersebut hancur-hancuran.

” Kok bisa dia Prof dr Gontar Siregar, SpPD. KGEH, jadi Sekretaris USU, sementara semasa menjabat Dekan Fakultas Kedokteran saja Fakultas Kedokteran hancur-hancuran,” ungkap Janter.

 

(Laporan dari Medan, MB-06)

Please follow and like us:
0

Comments

comments


Parse error: syntax error, unexpected '<' in /home/medan891/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/navigation.php on line 2