Penerimaan Mahasiswa Baru USU Jalur Nasional

Medan Berita –  Universitas Sumatera Utara atau singkatan dari (USU) adalah salah satu Universitas Negeri yang tergabung dalam seleksi SNMPTN. Seperti yang diketahui bahwa SNMPTN merupakan jalur seleksi undangan nasional yang diperuntukkan bagi siswa-siswi berprestasi yang akan lulus sekolah pada tahun 2016 ini.

Adapun Penerimaan Mahasiswa Baru USU Jalur Nasional ialah

1. Pendaftaran SNMP TN.

Peserta yang ingin mendaftar SNMPTN harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah, setelah mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah, selanjutnya dapat melakukan pendaftaran SNMPTN ke alamat web.snmptn.ac.id. Tata cara pendaftaran, persyaratan pendaftaran, jadwal pelaksanaan, kriteria penerimaan, daftar PTN, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran SNMPTN Undangan. Bagi peserta SNMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu, maka dapat mengajukan Bidikmisi atas usulan Kepala Sekolah. Bidikmisi yang diikuti adalah Bidikmisi jalur SNMPTN.

2. Pendaftaran SBMPTN.

Selain SNMPTN, USU juga tergabung pada jalur seleksi SBMPTN. SBMPTN adalah jalur seleksi bersama beberapa Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia untuk menjaring calon mahasiswa baru melalui ujian soal dan/atau ujian keterampilan.

Ujian soal dapat dikerjakan secara tertulis (PBT) atau menggunakan komputer (CBT) yang diperuntukkan bagi semua peserta, sedangkan ujian tambahan berupa ujian keterampilan yang diperuntukkan bagi peserta yang memilih program study bidang seni atau keolahragaan.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui alamat pendaftaran.sbmptn.ac.id. Panduan Pendaftaran, jadwal, persyartaan, dan lain-lain dapat anda baca selengkapnya pada artikel Pendaftaran SBMPTN Online.

Untuk peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu dari segi ekonomi, maka dapat mengajukan diri atas usulan Kepala Sekolah untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi. Bidikmisi yang diusulkan adalah Bidikmisi jalur SBMPTN.

3. Pendaftaran Bidikmisi.

Bidikmisi adalah salah satu program Pemerintah untuk membantu calon mahasiswa dari keluarga miskin agar dapat kuliah di Perguruan Tinggi dengan cara memberikan biaya bantuan pendidikan.

Bidikmisi yang ada di USU yaitu Bidikmisi jalur SNMPTN dan Bidikmisi jalur SBMPTN, dan apabila dibuka akan ada Bidikmisi jalur mandiri. Selengkapnya dapat dilihat di web USU.

Para peserta yang ingin mendaftar Bidikmisi harus mendapatkan rekomendasi dari Kepala Sekolah. Setelah mendapatkan rekomendasi, maka peserta dapat melakukan pendaftaran Bidikmisi ke alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikto.go.id lalu piliah fitur untuk siswa.

Penerimaan Mahasiswa Baru USU Jalur Nusantara (SPMB).

USU adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang tergabung dalam jalur seleksi nusantara. Jalur seleksi nusantara ini disebut dengan SPMB Nusantara dimana jalur ini diselenggarakan oleh suatu organ yang disebut P-SPMBN.

P-SPMBN menyelenggarakan 2 jenis seleksi dan 1 jenis tes yaitu UMB-PT, UMB-PTS, dan TPBI. USU tergabung dalam seleksi jalur UMB-PT.
Bagi anda yang ingin kuliah di USU, selain melalui jalur nasional di atas, maka dapat pula melalui jalur UMB-PTdimana seleksinya dilakukan melalui ujian tertulis.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui alamat penerimaan.spmb.or.id. Tata cara pendaftaran, biaya seleksi, jadwal pelaksanaan, dan lain sebagainya dapat anda baca pada artikel Pendaftaran Online SPMB atau Pendaftaran UMB-PT.

Penerimaan Mahasiswa Baru USU Jalur Mandiri.

1. Pendaftaran Program Diploma.

Bagi anda yang ingin kuliah di USU jenjang Diploma, maka anda bisa mengikuti seleksi masuk melalui jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Program Diploma (SPMPD).

Alur Pendaftaran SPMPD. Calon peserta melakukan pendaftaran di alamat spmpd.usu.ac.id untuk mendapatkan nomor registrasi Membayar biaya pendaftaran melalu BNI (Teller, ATM, SMS Banking). Jika melalui Teller maka harus menunjukkan nomor registrasi. Setelah membayar, maka akan mendapatkan password yang dapat digunakan untuk login ke alamat spmpd.usu.ac.id. Calon peserta login ke alamat spmpd.usu.ac.id menggunakan nomor registrasi dan password.

Kemudian melengkapi data pendaftaran dengan memilih program studi, mengunggah foto, dan lain sebagainya. Jika telah terisi semua, silahkan cetak kartu peserta. Informasi lainnya yang belum diberikan disini dapat dilihat langsung di alamat spmpd.usu.ac.id2.

Pendaftaran Program Ekstensi.

USU kembali membuka penerimaan mahasiswa baru program Ekstensi. Jalur ini hanya dibuka untuk Fakultas dan Program studi tertentu saja. Info lebih lanjut dapat dilihat di web USU. Info lebih lanjut dapat anda lihat di
http://usu.ac.id/id/article/13/program-ekstensi3. Pendaftaran Mahasiswa Internasional.

Bagi mahasiswa dari luar negeri yang ingin kuliah di USU jenjang Sarjana, maka bisa mengikuti seleksi jalur mahasiswa internasional (International Student Admission). Jalur ini hanya dibuka pada beberapa program studi saja di bidang kesehatan. Informasi lebih lanjut silahkan lihat di https://isa.usu.ac.id/4. Pendaftaran Sekolah Pascasarjana.

Selain menerima mahasiswa jenjang Diploma dan Sarjana, USU juga melakukan penerimaan mahasiswa baru jenjang Pascasarjana. Jalur penerimaan Pascasarjana USU terdiri dari 2 macam yaitu jalur mandiri dan jalur menpora. Silahkan ikuti salah satu jalur tersebut.

(Laporan dari Medan, MB-06)

Please follow and like us:
0

Comments

comments


Parse error: syntax error, unexpected '<' in /home/medan891/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/navigation.php on line 2