Pembangunan Komplek Perumahan Diduga Rusak DAS

Teks Foto : Lokasi Pembangunan Komplek. (Ham)

Medan Berita – Sebuah komplek perumahan yang akan dibangun di Jln. Nikhparim, Kec. Namorambe, Kab. Deli Serdang diduga telah merusak Daerah Aliran Sungai (DAS). Menurut keterangan yang dihimpun pada Minggu (26/06/2016) sekira pukul 15:00 WIB, diketahui bahwa pembangunan komplek perumahan tersebut tetap berlangsung hingga sekarang.

Aliran sungai yang berasal dari gunung bermuara di laut, Belawan. Kerusakan yang diduga ditimbulkan oleh pengembang justru mengancam Kota Medan yang dilewati oleh sungai yang dimaksud. Beberapa warga juga kesal dan menjadi terbiasa dengan pembangunan perumahan itu. Salah satunya adalah R. Ginting (35) warga sekitar yang sudah mengetahui perkembangan dari lokasi sebelumnya.

” Paling ada dua tiga bulan belakangan mereka memeratakan tanah disana,” ucapnya kepada awak media.

Lanjutnya berkata, pengembang yang melakukan pembangunan komplek perumahan seakan tidak ramah lingkungan dan terkesan memang bersalah.

” Rusak aliran Sungai Namorambe, kan kasihan jika akibat hal itu menjadi banjir bandang,” ungkapnya lagi.

Dijelaskannya kembali. ” Tiap Hari Sabtu, ramai disana (lokasi pembangunan). Ada yang mengaku LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), ada yang mengaku wartawan. Informasinya mereka dapat ‘upeti’ dari pelaksana proyek. Berarti memang ada yang salah makanya mereka ‘kasih’,” ketus pria ini.

Dari pantauan awak media, memang terlihat alat berat seperti dozer yang bergerak kesana kemari untuk meratakan tanah disana. Parahnya pohon yang menjadi penyangga air di bantaran sungai kini sudah ditebang dan digunduli serta pengembang juga menembok bantaran sungai.

 

(Laporan dari Namorambe, MB-03)

Please follow and like us:
0

Comments

comments


Parse error: syntax error, unexpected '<' in /home/medan891/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/navigation.php on line 2