Gubsu Dorong Pemkab Palas Optimalkan Potensi Pertanian

Teks Foto : Gubsu, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, MSi Bersama Istri, Hj. Evi Diana Erry saat Dipasangkan kain ulos. (Ham)

Medan Berita – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Ir. H. Tengku Erry Nuradi, MSi mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) untuk memaksimalkan potensi bidang pertanian demi mencapai swasembada pangan di Sumut.

Harapan tersebut disampaikan Tengku Erry Nuradi saat melakukan kunjungan kerja bersama Tim Safari Ramadhan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dengan Pemkab Palas dalam acara berbuka puasa bersama di halaman rumah Bupati Palas, Tongku Sutan Oloan Harahap, Jln. Dewantara, Sibuhuan, Minggu (26/06/2016) malam.

Hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Sumut, Hj. Evi Diana Erry, jajaran Kepala SKPD Sumut, jajaran SKPD Pemkab Palas dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Palas, alim ulama, tokoh masyarakat dan ratusan anak yatim dan guru mengaji.

Dalam kesempatan itu, Gubsu, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, MSi Bersama Istri, Hj. Evi Diana Erry yang disambut dengan pemasangan kain ulos mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melalui Dinas Pertanian Sumut menggulirkan program pengembangan bidang pertanian, anggaran APBD Tahun 2016 khusus untuk pengembangan GP-PTT Kedelai di Kabupaten Palas untuk 40 hektar sebasar Rp 280.931.500. Demikian juga untuk pengembangan Optimalisasi Lahan dan Bantuan di Palas sebesar 220.000.000.

Kemudian menganggarkan rehabilitasi bangunan suspensi di daerah irigasi Napa Tanjung Beringin, rehab bangunan di daerah irigasi Sigorbus, rehabilitasi tanggul waduk saluran di daerah irigasi Balakka Stangkon, rehabilitasi jaringan irigasi di daerah irigasi Siborna dengan total anggaran mencapai Rp 69,9 miliar. Sedangakn rehabilitasi Waduk Aek Tahing, Waduk Siparahu, Waduk Aek Siala dan rehabilitas Waduk Batu Marjulang dengan anggaran mencapai Rp.8,8 miliar.

Demikian juga dengan bantuan APBN untuk inflementasi kedelai seluas 1.250 hektar, PAT Kedelai 3000 hektar, implementasi ubi kayu untuk 100 hektar, pengembangan padi Inbrida Provitas untuk 4.000 hektar, padi organik seluas 20 hektar, padi dengan teknologi Hazton seluas 100 hektar, pengadaaan Combine Hervester Mini 5 unit, Combine Hervester Sedang 7 unit, Com Sellier 10 unit dan pengadaan Power theresser 48 unit dengan total mencapai Rp.14,1 miliar.

“ Program ini kita harapkan dapat mendorong pengembangan bidang pertanian, baik itu tanaman padi dan komoditas pertanian lainnya di Kabupaten Padang Lawas,” harap Erry.

Erry juga berharap, Palas menjadi salah satu Kabupaten yang mampu bersinergi dengan kabupaten lain dalam merealiasasikan Sumut swasembada pangan.

“ Kita terus mendorong tiap daerah mengembangkan potensi unggulan masing-masing. Palas termasuk daerah yang kaya akan potensi lahan sawah. Potensi ini kita harap dimaksimalkan,” pesan Erry.

Tidak lupa Erry juga mengimbau Pemkab Palas untuk tegas dalam pengawasan hutan Register 40 dalam upaya alih fungsi lahan hutan menjadi lahan perkebunan tanaman keras seperti sawit dan karet.

“ Kita berharap fungsi kawasan hutan tetap terjaga. Karena akan sangat berpengaruh pada suplay air bagi lahan pertanian disekitarnya,” sebut Erry.

Sementara Bupati Palas, Tongku Sutan Oloan Harahap berharap, Pemprov Sumut memberikan perhatian dalam pemeliharaan jalan provinsi di Kabupaten Palas, agar akses dalam membawa hasil pertanian tetap lancar.

“ Sejumlah jalan provinsi di Kabupaten Palas membutuhkan pemeliharaan. Alhamdulillah, tahun anggaran 2017, perbaikan jalan provinsi di Palas sudah dianggarkan mencapai 69,9 miliar. Kita berharap program ini segera terealisasi,” ujar Tongku.

Usai berbuka puasa bersama, Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi dan Bupati Palas, Tongku Sutan Oloan Harahap serta undangan lainnya melaksanakan sholat maghrib dan tarawih berjamaah.

 

(Laporan dari Palas, MB-03)

Please follow and like us:
0

Comments

comments


Parse error: syntax error, unexpected '<' in /home/medan891/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/navigation.php on line 2