Warga Dusun Paya Jambu Buat Dodol Bersama

Medan Berita – Ada hal unik yang dilakukan warga Jalan Pasar IV, Dusun Paya Jambu, Kecamatan Selesei Binjai dalam merayakan hari raya Idul Fitri setiap tahunnya. Jika biasanya warga pada umumnya membuat penganan seperti Ketupat, Lontong atau Dodol sebelum Idul Fitri tiba, di Dusun yang kebanyakan warganya adalah perantau tersebut justru membuat atau memasaknya pada saat Idul Fitri kedua atau H+1.

Menurut Waji selaku Tokoh Pemuda setempat mengatakan, tradisi membuat Ketupat atau Dodol secara bersama-sama tersebut sudah turun-temurun dilakukan oleh penduduk Dusun Paya Jambu yang mayoritas warganya beragama Islam.

” Tradisi ini sudah dilakukan warga dari generasi terdahulu dan tetap kami pertahankan sampai sekarang. Sebenarnya makna yang bisa diambil dari pembuatan ketupat dan dodol secara bersama-sama ini adalah untuk menciptakan kekompakan serta mempererat tali sillaturahmi sehingga rasa persaudaraan diantara warga tetap terjaga. Karena hampir 70 persen warga disini adalah perantauan,” ujar Waji kepada Medanberita.co.id, Kamis (07/07/2016) sore.

Selanjutnya Waji juga berharap agar para generasi muda Dusun Paya Jambu dapat terus melestarikan tradisi yang telah lama diwariskan tersebut.

” Semoga tradisi tersebut dapat dilestarikan para generasi muda,” tutup Waji.

 

(Laporan dari Binjai, MB-05)

Please follow and like us:
0

Comments

comments


Parse error: syntax error, unexpected '<' in /home/medan891/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/navigation.php on line 2