SMK Negeri I Kutalimbaru Menuju Sekolah Perduli

Teks Foto: Kepsek SMK Negeri I Kutalimbaru, Syahrun, M.Pd (Dua dari kiri) sedang mengikuti kegiatan Jumberli di sekolah dengan membersihkan taman bersama siswa-siswi. (Mus)

 

Medan Berita – Dalam rangka melaksanakan salah satu program kementrian lingkungan hidup untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat, beretika dan berwawasan serta menghindari dampak dengan lingkungan yang negatif.

Sejalan dengan itu, Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Kutalimbaru, Syahrun M.Pd beserta para guru dan siswa-siswi bertekad menjadikan sekolah tersebut menuju sekolah peduli, beretika, berinovasi dan berbudaya lingkungan dan sebagai lembaga diklat yang memiliki visi “ Menjadikan SMK Negeri I Kutalimbaru sebagai lembaga diklat yang menghasilkan SDM yang profesional dan berwawasan lingkungan”.

Untuk itu pihaknya sangat mendukung setiap program pemerintah terutama dalam bidang kebersihan dan keindahan lingkungan, tergerak untuk turut andil dalam bagian program Adiwiyata ini di sekolah.

Bagi SMK Negeri I Kutalimbaru, tujuan dilaksanakannya kegiatan Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang optimal bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.

Proses menuju Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional telah dilakukan sejak awal berdirinya SMK Negeri I Kutalimbaru. selaku Kepsek SMK Negeri I Kutalimbaru selalu mengadakan kegiatan-kegiatan yang mendukung aksi dan peduli lingkungan, salah satunya adalah mengadakan kegiatan Jumat Bersih lingkungan (JUMBERLI) yang dilaksanakan setiap hari Jumat pada les pelajaran I-II.

Kepsek SMK Negeri I Kutalimbaru, Syahrun M.Pd mengatakan disela-sela kegiatannya bersama para siswa-siswi saat bergotong royong di halaman sekolah, Rabu (28/09/2016) mengatakan Adiwiyata berasal dari Dua kata “ADI” dan “WIYATA” Adi artinya memiliki makna: besar, agung, baik, ideal dan sempurna.

Sedangkan Wiyata memiliki makna tempat dimana seseorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam kehidupan sosial.

Jadi, masih dijelaskannya, jika dalam keseluruhan “ADIWIYATA” mempunyai makna atau pengertian tempat yang baik dan ideal. Dimana dapat diperoleh ilmu pengetahuan norma, etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup menuju cita-citra pembangunan berkelanjutan.

Dikatakannya, program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Dalam program ini, tambahnya, diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat, beretika, berwawasan serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

(Laporan dari Kutalimbaru, MB-02)

Please follow and like us:
0

Comments

comments


Parse error: syntax error, unexpected '<' in /home/medan891/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/navigation.php on line 2