Gelar Acara Bintek, Panitia Meraub Keuntungan Ratusan Juta Rupiah

Teks Foto: Kepdes Se Taput saat mengikuti Acara Bintek di Hotel Soechi Internasional, Jalan Cirebon, Kecamatan Medan Kota belum lama ini. (MB)

Medan Berita

Dengan menggelar acara Bimbingan Teknis (Bintek) Tentang Pengelolaan dan Pertanggung Jawaban Penggunaan Dana Desa yang dihadiri oleh 238 Kepala Desa (Kepdes) Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) di Hotel Soechi Internasional, Jalan Cirebon, Kecamatan Medan Kota, Panitia mengaku meraub keuntungan ratusan juta rupiah.

Hal tersebut dikatakan Undrianus Uraiza, SH saat ditemui awak media belum lama ini.

“ Kira-kira habis Rp.800 juta menyelenggarakan acara Bintek tersebut dan selebihnya ia keuntungan,” ungkapnya ketika dipertanyakan olehnya dari total jumlah Kepdes yang mengikuti acara 238 Kepdes x biaya Per Kepdes Rp.4.500.000 = Rp.1.071.000.000.

Saat dipertanyakan bagaimana cara Kepdes menyerahkan dana yang diwajibkan untuk mengikuti seminar itu, ia menjelaskan, setiap Kepdes yang ikut harus membawa uang kontan yang telah ditentukan.

“ Setiap Kepdes membawa langsung uang kontan sebanyak Rp.4,5 Juta untuk digunakan biaya hotel, baju bordiran, upah narasumber yang dipanggil dari Jakarta dan lainnya,” sebut Undrianus tanpa menyebutkan nara sumber yang diundang pada acara tersebut.

Lanjutnya berkata, jika dirinya mengaku mendapat teguran dari salah satu petinggi Poldasu terkait konfirmasi oknum Wartawan tentang acara yang telah diselenggarakan tersebut.

” Gara-gara ada yang konfirmasi Wartawan tentang Acara Bintek itu, saya ditelpon Dir Binmas Poldasu, beliau menyatakan agar saya mencegah supaya pemberitaan mengenai Acara itu tidak ditayangkan, makanya abang kuhubungi,” akuhnya kepada seorang Pimpinan Media Online.

Saat disinggung berapa daerah Kabupaten yang akan mengikuti kegiatan yang sama, Undrianus yang mengaku anak Oknum Wartawan ini menyebut dari 33 Kabupaten Kota di Sumut, 26 Kabupaten akan mengikuti acara yang sama nantinya dan turut juga beberapa Kota yang ikut.

Sebelumnya informasi yang diperoleh Wartawan dari Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa ( Bapemdes) Pemkab Taput, untuk Kepdes Se Taput yang mengikuti Bintek itu dihadiri sebanyak 238 orang, sementara 3 orang Kepdes tidak bisa hadir dikarenakan sesuatu hal.

“ Ya benar, semua Kepdes memberikan kontribusi Rp.4,5 Juta. Sumber dananya dari APBD Desa Tahun 2016,” ungkap Kepala Bapemdes Taput melalui Kasubbid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa/Kelurahan, Lelly Manalu kepada Wartawan di Kantornya belum lama ini.

Ia menambahkan, biaya tersebut untuk pengutipan peserta selama 3 malam, makalah, tas, atk, bed nama, baju seragam, konsumsi dan sertifikat dari Dir Binmas Poldasu, sesuai dengan undangan Dir Binmas Poldasu nomor B/160/XI/2016/Dit Binmas.

Adapun yang menjadi tujuan Bintek tersebut adalah untuk memberikan pengajaran tata cara pengelolaan dana Desa yang baik dan benar, memberikan pembekalan tentang bagaimana bentuk pertanggung jawaban penggunaan keuangan Negara dari sisi administrasi maupun dari sisi hukum.

Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Rina Sari Ginting saat dikonfirmasi Wartawan melalui handphone selular mengatakan belum mengetahui tentang kegiatan itu. Namun saat dipertanyakan tentang undangan tersebut dan uang yang dikutip menggunakan kwitansi dan stempel dari Poldasu serta di kwitansi penerimaan uang dibubuhi tanda tangan dan tertera nama Undrianus Uraiza, SH diatas materai 6000, Kabid mengatakan akan mengecek kebenaran kegiatan yang dilakukan itu.

“ Terima kasih informasinya pak, saya cek ke Dit Binmas dan itu dilaksanakan oleh EO,” ucapnya.

Diketahui untuk Kabupaten Taput dilakukan 2 gelombang yaitu pada tanggal 27-30 November dan 30 November-03 Desember.

(Dari Medan, MB)

Please follow and like us:
0

Comments

comments


Parse error: syntax error, unexpected '<' in /home/medan891/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/navigation.php on line 2