Sidang Lanjutan, Kesaksian Penasehat KPUM: SP I, II dan III Tidak Ada

Teks Foto: Penasehat KPUM, Drs. Mahyudin Saat Disumpah di Depan Majelis Hakim. (MB)

 

 

Medan Berita

Sidang lanjutan terdakwa mantan Ketua II Koperasi Pengakutan Umum Medan (KPUM), Rayana boru Simanjuntak kembali digelar di ruang Kartika, Pengadilan Negeri Medan, Senin (20/11/2017).

Dalam persidangan kali ini, Drs. Mahyudin selaku Penasehat KPUM masa jabatan tahun 1999-2019 memberi keterangan di bawah sumpah di depan Majelis Hakim.

Janverson Sinaga, SH. MH yang memimpin persidangan mempersilahkan terlebih dahulu Penasehat Hukum terdakwa, bertanya kepada saksi tersebut.

Apakah sudah terlaksana pembelian mobil, tanya penasehat hukum, Yuyun Tedjakusuma, SH kepada saksi, sudah sahutnya.

Dari mana anda tahu,? tanyanya lagi kepada saksi, tahun 2015 ada launching mobil APV yang dihadiri oleh Menteri Koperasi dan saya melihat di lapangan banyak bertambah mobil AVP.

Selanjutnya, Penasehat Hukum, Onan Purba, SH. CN. MKn kemudian bertanya kepada saksi, apakah anda diberitahukan tentang non aktif saudari Rayana Simanjuntak,? saya ada menerima selebaran KPUM tentang non aktif pada Rapat Pleno tanggal 13 Januari 2017, saya lalu mempertanyakan hal ini kepada Ketua Umum KPUM, Jabmar Siburian apakah ada Surat Peringatan (SP) I,  II dan III lalu Ketua Umum sebut tidak ada tapi secara lisan ada.

Menurut saya secara prosedur harus ada SP I, II dan III lalu rapat pengurus dan rapat anggota.

Ketika Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2015 dan RAT 2016, adakah dibicarakan kerugian KPUM tanya Onan Purba, SH, CN, MKn lalu Mahyudin menjelaskan, dari Laporan Sisa Hasil Usaha (SHU) KPUM yang saya terima terus ada keuntungan tidak ada kerugian.

Adakah diaudit kembali lagi tanya Onan Purba kepada saksi, kemudian Mahyudin menjawab, di laporan keuangan tidak ada disebut siapa pengauditnya.

Berikutnya, Majelis Hakim Ketua, Janverson Sinaga, SH. MH bertanya kepada saksi tersebut, khusus dalam pembelian mobil, apakah pernah diminta nasehat,? Mahyudin mengaku, tidak ada pak karena tidak ada kendala.

Siapa yg melaksanakan pembelian mobil KPUM lalu Mahyudin menjawab, Ketua Umum yang melimpahkan Tugas melalui Job Description Pengurus.

Ada dibicarakan pembelian mobil tanya Hakim Ketua lagi kepada saksi, dalam rapat anggota yang dibicarakan bahwa ada program peremajaan mobil namun mengenai down payment (DP) tidak ada dijelaskan.

Jadi kalau membeli mobil KPUM Pengurus dan Penasehat tidak ada rapat,? tanya Hakim lagi, Mahyudin menyebut, tidak pernah ada rapat pak.

Hakim Ketua kemudian bertanya lagi kepada saksi, jadi dalam persoalan ini saudara tidak tahu,? tidak tahu pak, ucapnya.

Harusnya terbuka karena kepentingan anggota, kata Hakim Ketua. Perbaiki Koperasi kalian itu setiap hari diminta iuran Rp.18.000 angsuran kredit Rp.2.800.000 perbulan ada saksi mengatakan tidak ada akad kredit dia tidak tahu berapa lama angsurannya, belum lagi bensinnya jadi berapa lagi dibawa supir ke rumahnya. Kalian enak-enak berpekara ribut lagi, iya pak jawab Mahyudin.

Selanjutnya Hakim Anggota bertanya kepada saksi, beli mobil DP nya tunai uang anggota bukan diambil dari iuran anggota,? jawab Mahyudin dari uang pribadi anggota.

Apakah ada keringanan yang diberikan kepada anggota tanya Hakim Anggota lagi, dari simpanan anggota dan diberikan keringanan kredit bank jawab Mahyudin.

Lalu Hakim mengatakan, itukan uangnya sendiri kalau anggota tidak bisa membayarkan mobil ditahan Bank jadi melulu uangnya anggota ya tandas Hakim Ketua lagi, iya buk kata Mahyudin.

Hakim Anggota bertanya lagi di dalam pertanggungjawaban, apakah ada rapat-rapat dalam pembelian mobil lalu keluar Surat Peringatan I,  II dan III,? Mahyudin menjawab, tidak ada bu.

Setelah mendengar keterangan saksi, sidang lanjutan perkara kasus penipuan dan penggelapan dalam Jabatan atas nama terdakwa Rayana Simanjuntak dengan jumlah kerugian Rp. 559.500.000 ditutup tepat pada pukul 12:00 WIB dan dilanjutkan pada hari Kamis, 23 Nopember 2017 dengan agenda pemanggilan saksi lainnya dan terdakwa Rayana Simanjuntak.

(Laporan dari Medan, MB)

Please follow and like us:
0

Comments

comments


Parse error: syntax error, unexpected '<' in /home/medan891/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/navigation.php on line 2