Personel Babinsa Bersama Petani Laksanakan Pengolahan Lahan

Teks Foto: Personel Babinsa Koramil 05/Sbl, Serda Rudy Saat Damping Petani Olah Lahan Sawah di Nagori Naga Dolok, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Selasa (20/03/2018). (MB)

 

SIMALUNGUN (Medan Berita)

Personel Babinsa Koramil 05/Sbl, Serda Rudy melaksanakan pendampingan kepada petani dalam mengolah lahan sawah seluas kurang lebih 4 Rante dalam rangka percepatan tanam berikutnya.

Aksi bajak sawah dengan peralatan cangkul itu dilakukan di lahan sawah milik bapak Lubis, yang terletak di Nagori Naga Dolok, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Selasa (20/03/2018).

Babinsa Serda Rudy mengatakan, pengolahan lahan pertama menggunakan traktor adalah cara baru pengolahan lahan yang dapat membantu petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami.

Kemudian, lanjutnya, setelah dilakukan pembajakan dengan alat traktor, lahan didiamkan satu minggu, supaya rumput membusuk menjadi humus, dan berubah sifat fisik tanahnya, yang selanjutnya tinggal diratakan dengan cangkul agar menjadi datar dan melumpur.

“ Keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati, yang kemudian akan membusuk menjadi humus. Airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air,” ujarnya.

Lanjutnya, dengan pengolahan lahan menggunakan traktor ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan meningkatnya hasil panen.

“ Dengan terpenuhinya kebutuhan pangan, maka masyarakat akan menjadi tenang, sehingga mampu berperan dalam pembangunaan. Penyediaan pangan yang cukup, merata dan bermutu bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun,” sebutnya.

(Laporan dari Simalungun, MB)

Please follow and like us:
0

Comments

comments


Parse error: syntax error, unexpected '<' in /home/medan891/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/navigation.php on line 2