Serda Esron Sembiring Bantu Petani Bersihkan Rumput 1 Ha

Teks Foto: Babinsa, Serda Esron Sembiring Bantu Petani Bersihkan Rumput di Lahan Jagung Milik Ibu Nico Beru Ginting Poktan Mbuah Page, Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deliserdang, Rabu (25/04/2018). (MB)

 

D.SERDANG (Medan Berita)

Babinsa Serda Esron Sembiring membantu Petani membersihkan rumput di lahan jagung yang baru berumur 30 hari seluas 1 Ha milik ibu Nico Beru Ginting Poktan Mbuah Page, Kecamatan Biru-Biru, Kabupaten Deliserdang, Rabu (25/04/2018).

Anggota Koramil 04/SBB Jajaran Kodim 0204/Deliserdang menceritakan, sebelum jagung ditanam, lahan perlu dibersihkan dari gulma dan tanaman liar. Gulma seperti alang-alang, rumput teki, semak dan pohon perdu disiangi sampai ke akar-akarnya. Gulma itu dibakar, abunya ditaburkan ke lahan sebagai kompos untuk kesuburan tanah.

Serda Esron memberitahukan, gulma jangan dikubur, karena dikawatirkan akan munculnya hama seperti rayap dan semut. Selain itu, alang-alang dan rumput teki bisa tumbuh kembali apabila hanya di kubur di dalam tanah. Selain gulma, pohon-pohon besar yang tumbuh di sekitar lahan dan berpotensi menghalangi masuknya sinar matahari sehingga bisa mempengaruhi pertumbuhan tanaman jagung.‎

Dia mengutarakan, dengan adanya kegiatan itu tanaman jagung yang ditanam akan tumbuh dengan baik dan hasil yang akan dicapai petanipun akan melimpah. Hal ini tidak boleh lepas dari pengawasan Babinsa dan PPL karena dengan adanya pendamping petani maka segala kendala yang dihadapi Petani di lapangan akan terpecahakan,” kata Serda Esron.

Amatan di lokasi, kegiatan pendampingan pertanian dengan ikut melakukan kerja membersihkan rumput di lahan jagung yang dilakukan oleh Babinsa sangat disambut baik oleh Petani, hal ini terlihat dari antusias petani dalam membersihkan rumput yang mengganggu tanaman jagung terlihat sangat semangat walaupun panas matahari sangatlah terik dan menyengat badan.

(Laporan dari D. Serdang, MB)

Please follow and like us:
0

Comments

comments


Parse error: syntax error, unexpected '<' in /home/medan891/public_html/wp-content/themes/colormag-pro/navigation.php on line 2