Gunakan Traktor, Koramil 10/SK Bajak Sawah 1 Ha

example banner

Teks Foto: Koramil 10/SK Kodim 0208/Asahan, Sertu J.H.Lubis Sedang Melaksanakan Bajak Sawah Menggunakan Traktor Untuk Bantu Petani di Desa Binaannya, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan seluas kurang lebih 1 hektare, Kamis (26/04/2018). (MB)

 

Bacaan Lainnya

ASAHAN (Medan Berita)

Dengan menggunakan Mesin Traktor, Babinsa Koramil 10/SK Kodim 0208/Asahan, Sertu J.H.Lubis membantu Petani membajak sawah di desa binaannya Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan seluas kurang lebih 1 Hektare, Kamis (26/04/2018).

Menggunakan Traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu Petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat-fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur. Pada era dulu Petani mengerjakan ini dengan menggunakan hewan seperti sapi/kerbau sebagai penarik bajaknya.

Pada pengolahan tanah sawah, kata Sertu J.H Lubis, dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan. Sawah diupayakan agar tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman.

Kemudian keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

” Pengolahan lahan menggunakan traktor ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan bahkan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung Program Pemerintah tentang ketahanan pangan nasional. Pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling mendasar, sehingga ketersediaan pangan khususnya beras bagi masyarakat selalu terjamin,” ujar Anggota Koramil 10/SK.

(Laporan dari Asahan, MB)

Loading…

Comments

comments

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *