Olahraga Dini Jantung Sehat Diusia Manula

Medan Berita – Tubuh bugar sering dikaitkan dengan pengurangan risiko penyakit kardiovaskular pada orang tua. Studi terbaru menunjukkan bahwa manfaat tersebut ternyata juga bisa diperoleh lebih cepat apabila seseorang rutin olahraga sejak muda.
“Setiap menit yang dihabiskan oleh mereka berolahraga di atas treadmill saat muda dapat dihubungkan dengan risiko kematian atau terkena penyakit kardiovaskuler yang jauh lebih rendah,” ujar pemimpin studi dr Ravi Shah seperti dikutip dari Reuters, Kamis (03/12/2015)tadi.

Dalam laporan di JAMA Internal Medicine, sebanyak 4.900 orang dewasa muda mengikuti tes treadmil di tahun 1985 dan 1986 dilibatkan dalam studi. Sepanjang 27 tahun data diawasi dan diketahui 73 partisipan meninggal karena penyakit kardiovaskular di akhir periode studi.

Dari data peneliti bisa memperhitungkan manfaat diperoleh seorang dewasa muda ketika berolahraga.

Pada tes pertama, setidaknya setiap menit ekstra di atas treadmill menunjukkan pengurangan risiko penyakit kardiovaskular partisipan sampai 12 persen dan kematian dini berkurang 15 persen. Tujuh tahun kemudian partisipan yang mengikuti tes kedua menunjukkan pengurangan risiko kardiovaskular sampai 20 persen dan risiko kematian sampai 21 persen.

Hasil tersebut diperoleh setelah peneliti memperhitungkan faktor obesitas, ras, kolesterol, tensi, dan perilaku merokok.

 

(Laporan Dari MB-Net)

 

Comments

comments

Pos terkait