23 TKI Diduga Ditipu Akan Dievakuasi ke KJRI Kuching

Medan Berita – Dedek Cahyadi Sirait (29) warga Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang yang merupakan koordinator perwakilan 23 TKI asal Sumut yang diduga ditipu oleh kontrak kerja melalui PJTKI PT.Satria Parang Tritis yang beralamat di medan akhirnya akan dievakuasi dari mess tempat kerja mereka di Tanjung Manis Serawak Malaysia pada hari Rabu (09/12/2015) dini hari pukul 01.00 waktu Malaysia, hal ini disampaikannya via Whats App (WA) selular pada medanberita.co.id, Selasa (08/12/2015).

” Kami akan diantar oleh pihak ofice diperusahaan ini pada pukul 01.00 nanti malam ke KJRI Kucing, hal ini karena dari dua hari lalu kami minta agar KJRI menjemput kami, karena kondisi keuangan kami sudah menipis,” ujarnya.

Dedek juga mengatakan bahwa KJRI juga menyatakan serius akan menyelesaikan kasus para TKI asal Sumut tersebut, hal ini dibuktikan dengan telah akan dipanggil secara resmi pihak perusahaan pada hari Jumat (11/12/2015) ntuk dimintai keterangannya oleh KJRI, prihal perundingan tuntutan para TKI, acara ini nantinya juga dihadiri langsung oleh 23 TKI.

” Kami sudah ditelpon pihak KJRI dan mereka juga akan panggil pihak ofice tuk berunding tentang tuntutan kami, hari Jumat besok akan digelar perundingan itu,”  sebutnya.

Ditambahkannya, tak luput juga pihaknya mengucapkan ribuan terimakasih kepada rekan-rekan aktifis buruh di Indonesia dan juga khususnya kepada media Indonesia yang telah memberitakan permasalahaan mereka, ia mengatakan pengaruh dari semua pihak yang di Indonesia membuat dirinya dan rekan lainnya bersemangat dan kasus ini jadi perhatian serius KJRI.

” Ya kita sangat terimakasih kepada aktifis buruh di Sumut, khususnya FSPMI dan terlebih lagi kepada kawan – kawan media Indonesia yang membuat kasus kami jadi sorotan dan dapat ditangani serius oleh KJRI,” ucap Dedek.

Masih dijelaskannya, saat ini dirinya dan 22 rekannya didampingi Mr.Andrew lo kian nyan selaku seketaris MTUC (Malaysian Trades Union Kongres) cabang serawak atau konfederasinya serikat pekerja malaysia, oleh karena itu Dewan Pimpinan Pusat Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (DPP FSPMI) yang berkantor di Jakarta meminta agar pihaknya (MTUC-Red) bersedia membantu para TKI hingga persoalan mereka dapat diselesaikan dengan baik.

” Kita juga dibantu oleh serikat pekerja Malaysia, pak Andrew namanya yang merupakan sekreraris MTUC cabang serawak, beliau diminta oleh DPP FSPMI di Jakarta agar membantu kami sampai kasus ini selesai,” tandasnya.

 

(Laporan Dari, MB-14)

Comments

comments

Pos terkait