Buruh Pemasok Barang Alfamart ‘Seminggu Mogok’

example banner

Medan Berita – Ratusan buruh bekerja PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Medan, Jalan Industri, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang, Senin (28/12/2015) mendatang menggelar aksi mogok kerja.

Tidak tanggung-tanggung, ratusan buruh bekerja diperusahaan merupakan gudang pemasok barang dagangan ke toko-toko berlogo Alfamart seluruh wilayah Sumut sekitarnya tidak bekerja selama seminggu.

” Karena banyak pelanggaran hak normatif para pekerja yang belum dilaksanakan oleh PT.SAT terhadap puluhan orang pekerja merupakan anggota Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) diperusahaan tersebut,” ucap M Rizky Andi selaku ketua dan Pimpinan Unit Kerja (PUK) FSPMI di PT. SAT didampingi Budi Irawan memberi keterangan Persnya pada medanberita.co.id, Sabtu (26/12/2015) tadi.

Rizky mengatakan berdasarkan itulah kami PUK FSPMI PT. SAT mengelar aksi mogok kerja selama seminggu, dimulai pada Senin (28/12/2015) mendatang. Mogok kerja ini dilakukan karena PT.SAT melakukan PHK sepihak terhadap puluhan anggota kami dan hingga saat ini masih ada hak normatif pekerja yang belum dijalankan.

” Selama perusahaan PT. SAT berdiri 3 tahun lalu pihak perusahaan tidak melaksanakan hak normatif pekerjanya dan tidak menjalankan sesuai Undang Undang Ketenagakerjaan (UUK) Nomor 13 Tahun 2003,” jelasnya.

Rizky menjelaskan adapun menurutnya dugaan pelanggaran dilakukan perusahaan antara lain, upah tidak sesuai Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK), tidak membayar upah lembur selama bertahun-tahun, tidak memberikan cuti tahunan, cuti haid bagi buruh perempuan, melakukan pemotongan denda sesukanya kepada buruh dan sistem kerja kontrak melanggar aturan.

” PUK FSPMI sebelumnya juga telah melakukan perundingan dengan pihak manajemen dan menyampaikan tuntutan pelaksanaan hak normatif dan penolakan PHK ini, tetapi pertemuan sebanyak dua kali tidak membuahkan kesepakatan antar kedua pihak,” jelas Rizky.

 

(Laporan Dari Deliserdang, MB-14 )

Loading...

Comments

comments

Pos terkait