Pemadaman Listrik di Sumut Akibat Kabel Transmisi Putus

example banner

Medan Berita – Pasca terbakarnya pabrik kayu lapis PT Canang Indah di Belawan, kemarin sore, mengakibatkan kabel transmisi tiga dan empat berkekuatan 150 kV putus, Akibat putusnya kabel dari Belawan menuju Binjai ini, terpaksa dilakukan pemadaman listrik secara bergiliran dibeberapa Kota dan Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) diantaranya Medan, Lubukpakam, dan Deliserdang, serta sebagian wilayah di Aceh. 

Hal ini diutarakan General Manager Pembangkit PT PLN Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Sigianto kepada medanberita.co.id, Senin (18/01/2016) siang, dan menurutnya putusnya kabel transmisi tersebut menyebabkan pasokan aliran listrik diperkirakan stabil dalam 5 hari kedepan.

“ Untuk pulih 100 persen kembali, kemungkinan besar dibutuhkan waktu minimal hingga lima hari kedepan. Apalagi akibat padamnya listrik yang mendadak, menyebabkan beberapa komponen di mesin rusak seperti mesin pembangkit di Pangkalan Susu,” ujar Sigianto.

Namun, lanjutnya kemudian, selang beberapa jam terjadinya kebakaran tersebut, pihaknya berhasil menghidupkan kembali beberapa mesin di wilayah Belawan, Sibolga, Lhokseumawe dan Banda Aceh.

“ Di Belawan sudah ada dua mesin yang hidup, di Sibolga dua mesin yang hidup. Untuk Kota Lhokseumawe, ada lima mesin yang sudah hidup.Kemudian, di Banda Aceh ada empat mesin sudah hidup. Sebagai solusinya, beberapa generator nantinya akan disebar ke berbagai lokasi agar bisa dilakukan pemadaman bergilir di wilayah Sumut. Pada intinya, padamnya listrik murni akibat terbakarnya pabrik,” jelasnya.

(Laporan Dari Medan, MB-8)
Teks Foto : Kobaran Api Dari Pabrik PT Sicanang Indah Belawan, Ikut Membakar Kabel Transmisi PLN.(Andi Sianipar)

Loading...

Comments

comments

Pos terkait