Wakil Ketua DPRD Berang, Disnakertrans Tak Hadir Sidak di Alfamart

example banner

Medan Berita – Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, Apoan Simanungkalit, marah besar kepada instansi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Deli Serdang.

Kemarahan Apoan dipicu karena ketidakhadiran satu orangpun pihak Disnakertrans hadir pada acara Inpeksi Mendadak (Sidak) Anggota DPRD ke PT.Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT). Sidak ini terkait adanya mogok kerja dan tuntutan para buruh penyuplai barang dagangan di minimarket Alfamart. Apoan juga mengatakan hal ini merupakan pelecehan terhadap lembaga DPRD.

Muat Lebih

” Ini namanya melecehkan marwah anggota dewan, semalam sudah dirapatkan di DPRD, orang dinas itu akan hadir, kita akan tetap tunggu Kadisnakertrans hadir, kalau tidak kita akan surati Bupati dan menghadap Bupati untuk menyampaikan hal ini, ” ketus Apoan dihadapan perwakilan buruh dan managemen diruang rapat PT.SAT, Selasa (19/01/2016).

Akibat ketidakhadiran pihak Disnakertrans ini, pertemuan urung dilaksanakan. Padahal sejak pukul 10.00 WIB, Apoan Simanungkalit bersama dua anggota DPRD lain telah hadir.

Terlihat beberapa kali Apoan menelpon Pihak atasan Disnaker di Pemkab Deli Serdang, dari Asiten, Sekda bahkan sampai ajudan Bupati Asisten. Tetapi hampir satu jam belum ada jawaban pasti terkait kehadiran dari pihak Disnakertrans. Sesekali juga Apoan dalam sambungan telpon mengeluarkan nada keras dan ancaman agar Kadisnakertrans tidak anggap sepele terhadap persoalan rakyat.

Bahkan, pada saat dirinya menghubungi Kepala Seksi Pengawasan Ketenagakerjaan, Makmur Tinambunan. Apoan mengecam Makmur agar tidak diizinkan menginjakan kaki di kantor DPRD, karena dianggap mengingkari kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya.

” Bapak semalam hadirkan di kantor ?, dan bapak nyatakan pihak disnakertrans siap hadir bersama di PT.SAT, jangan main-main, saya sudah laporkan hal ini ke Bupati, kami tunggu disini sekarang, ajak juga kadisnakertrans sekalian, kalau tidak datang juga, maka kami akan rekomendasikan agar pak Makmur dan Kadisnakertrans dilarang menginjakan kaki di kantor DPR lagi, ” hardik Apoan via telpon genggamnya.

Pantauan medanberita.co.id, ratusan buruh masih melakukan aksi mogok kerja di depan gerbang PT.SAT, mereka melakukan orasi menyampaikan tututanya. Tolak PHK Sepihak dan pelaksanaan Hak Normatifnya. Sekitar pukul 10.00 WIB, selain Apoan turut hadir bersamanya ketua Komisi B, Tolopan Silitonga dari fraksi golkar. Sementara sebanyak delapan orang perwakilan buruh alfamart bersama pihak managemen PT.SAT juga tampak memenuhi ruang rapat kantor PT.SAT. Hingga berita ini diturunkan, para anggota dewan tersebut masih bertahan di perusahaan menunggu datangnya pihak Disnakertrans guna digelarnya pertemuan.

(Laporan Dari Deli Serdang, MB-14)

Loading…

Comments

comments

Pos terkait