Operasi Simpatik Toba 2016 Selama 21 Hari Pelanggaran Lalu Lintas Meningkat

example banner

Medan Berita – Selama 21 hari Operasi Kepolisian Terpusat “ Simpatik Toba–2016 “ dimulai dari tanggal 01
sampai dengan tanggal 21 Maret 2016 pelanggaran lalu lintas mengalami peningkatan di seluruh wilayah Provinsi Sumatera Utara.

Kabid Humas Poldasu, Kombes Pol Helfi Assegaf melalui Kasubbid Penmas AKBP MP. Nainggolan mengatakan, Operasi Kepolisian Terpusat “ Simpatik Toba –2016 ini didukung seluruh jajaran dan instansi terkait dalam bentuk Harkamtibmas dengan mengedepankan kegiatan Preemtif melalui penyuluhan dan pelatihan lalu lintas serta kegiatan preventif melalui pengaturan, penjagaan dan patroli lalu lintas.

Selain itu operasi ini juga didukung dengan kegiatan Represif melalui teguran simpatik dan penegakan hukum untuk optimalisasi Kawasan Tertib Lalu lintas (KTL) guna menciptakan penggal jalan yang tertib marka, rambu, parkir serta pengguna jalan dalam rangka Kamseltibcar Lantas diwilayah provinsi Sumatera Utara,” ungkap MP. Nainggolan.

Sementara, ditambahkan MP, untuk mengetahui dinamika Operasi Simpatik Toba-2016 yang dilaksanakan, maka perlu dilakukan analisa dan evaluasi terhadap hasil yang dicapai oleh seluruh jajaran Polda Sumut pada Minggu I dari tanggal 01 s/d 07 Maret 2016.

” Dilihat dari pelanggaran lalu lintas mengalami peningkatan sebanyak 11,219 perkara yaitu dari 1.348 perkara pada hari pertama, meningkat menjadi 12.207 perkara terdiri dari tilang 296 perkara menjadi 2.727 perkara (+ 2.431 perkara) dan teguran 1.052 perkara menjadi 9.480 perkara (+ 8.788 perkara),” ujarnya.

Dikatakannya, sedangkan dari segi penindakan terhadap jenis pelanggaran lalu lintas kendaraan roda dua
sudah baik, karena dilakukan terhadap kasatmata yaitu tidak menggunakan helm sebanyak 838 perkara dari 87 perkara pada hari pertama (+ 751 perkara), sedangkan untuk penindakan terhadap jenis pelanggaran lalu lintas kendaraan mobil dan kendaraan khusus sudah baik, karena hal ini juga dilakukan dengan kasatmata yaitu Safety Belt sebanyak 155 perkara dari 9 perkara pada hari pertama (+146 perkara).

Diakhir penjelasannya, mantan Kapolres Nias Selatan ini menyebutkan sedangkan untuk kendaraan yang terlibat kecelakaan lalu lintas selama pelaksanaan Operasi Simpatik dilokasi kawasan tertib lalu lintas nihil demikian juga kejadian kecelakaan lalu lintas pada satwil jajaran Polda Sumut juga nihil,” pungkas MP. Nainggolan.

(Laporan Dari Poldasu, MB-01)

Loading...

Comments

comments

Pos terkait