Putra Kelahiran Kota Cane Jabat Dandim 0211/TT

example banner

Medan Berita – Meniti karier sebagai Aparatur Negara Tentara Nasional Indonesia (TNI) tampaknya membuahkan hasil, dengan upaya kerjakeras diiringi doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, putra kelahiran kota Cane akhirnya berhasil menjabat sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0211 Tapanuli Tengah (Tapteng).

Lektol Inf. Corri Sigalingging dalam sambutannya usai Serah terima jabatan (Sertijab), Komandan Kodim 0211/Tapanuli Tengah dari Letkol Inf Kurnia S.Sos di Gedung Olah Raga (GOR) Jln. Dr. Ferdinan Lumban Tobing Kota Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara, Selasa (08/03/2016) sekira pukul 15.00 WIB mengatakan.

” Saya orang Batak asli tapi tidak dibesarkan di Medan, namun besarnya di Kota Cane, Aceh Tenggara, setelah SMA melanjutkan pendidikan ke Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri)  Militer Tahun 1995, tugas pertama di Kalimantan, lanjut di Kepri, setelah itu ke Kostrad ke Jakarta baru ke Kota Sibolga dan Tapteng, ” ungkapnya.

Didampingi istri tercinta, Sondang Candra Fransiska boru Silalahi dan 3 Anaknya (2 Putra, 1 Putri), Dandim 021/TT Lektol Inf. Corri Sigalingging dalam arahannya lanjut menuturkan.

” Ada kenangan kali pertama menginjakkan kaki di Kota Tapteng bertemu dengan teman Anggota Polres Tapteng langsung menyalam dan mengucapkan selamat Bapak calon Bupati Tapteng, Walau kaget namun memberi keterangan, kehadirannya bukan Calon Bupati dari mulai itu akhirnya, saya mulai dikenal,” katanya.

Dihadapan Komandan Korem, KS/23 Kolonel Inf Fachri Panjaitan. Bupati Tap-Teng, Ketua DPRD/Anggota Tap-Teng, Anggota DPRD Kota Sibolga, Wali/Wakil Wali Kota Sibolga, Kajari Sibolga, Ketua Pengadilan Negeri Sibolga, Seluruh Perbankan dan OKP, Ormas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua Partai Sekota Sibolga dan Tap-Teng, Letkol Inf. Corri Sigalingging memberitahukan Motto dari Pimpinan adalah Baik-baiklah Sama Masyarakat, Maka Rakyat Akan Baik Sama Kamu, Lindungilah Rakyat Maka Rakyat Akan Melindungimu, Hormatilah Rakyat Maka Rakyat Akan Menghormatimu, Baik-baiklah Sama Rakyat Maka Rakyat Akan Baik Sama Kamu, Lindungilah Rakyat Maka Rakyat Akan Melindungimu, Hormatilah Rakyat Maka Rakyat Akan Menghormati Kamu.

” Sebagai TNI Terhadap Rakyat, Kami siap bekerjasama dengan seluruh Muspidaplus (Forkompinda), seluruh Instansi yang ada, Masyarakat Sibolga maupun Tapteng, dan kami siap membantu kondusifitas di kawasan Pantai barat ini, bila ada kesilapan, kami siap menerima masukan dari semua pihak,” katanya mengakhiri.

Pada kesempatan itu, Mantan Kodim 0211/TT, Letkol Inf. Kurnia Nasution, S.Sos didampingi Istri mengatakan Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan.

” Mohon Izin Bupati bukan sebagai Dandim lagi tapi Letkol Inf. Kurnia, dari hati yang paling dalam, terus terang sangat menginginkan hubungan Pemerintah Kota Sibolga dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, maupun Legislatifnya harmonis, saling menguntungkan kedua belah pihak, Maaf tidak menggurui, biarlah masa lalu berlalu dan kemesraan jangan cepat berlalu,” ungkap Letkol Inf Kurnia.

Ditambahkannya, ” 2 tahun 8 bulan saya rasakan, kadang kadang saya tengok ke Sibolga kadang ke Tap-Teng, saya Ini Dandim Polygami, Sibolga…. Iya…., Tap-Teng…. Iya…., Kalau ada acara 2 bersamaan kadang-kadang memilih tidak ikut, tapi kalau ada kegiatan yang bersamaan dijadikan satu pasti suasana akan meriah lagi, makanya saya minta acaranya dilakukan di GOR ini dan tidak di Hotel pasti suasananya lebih meriah seperti sekarang ini,” katanya.

Sebagai kesan dan pesan, tambahnya, ada satu hal yang sangat membanggakan Pilkada 2015 di Kota Sibolga, Aman Tertib dan Lancar.

” Alhamdullilah sudah terpilih Wali/Wakil Wali Kota dan sudah dilantik Plt. Gubernur Sumatera Utara, suasana kondusif saya harap tetap berlanjut tidak ada lagi Nomor 1 dan Nomor 2, yang ada adalah Nomor 3 Persatuan Indonesia. Kita tata Kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang, Sibolga Kota kecil tetapi multi etnik, banyak persoalan kompleks banyak sekali persoalannya, namun saya yakin Bapak Syarfi (Walikota) dan Bapak Edi (Wakil Wali Kota), bisa mengemban Amanah, mohon Izin Pak, saya titip bisa bersinergi dengan Kodim dengan Polres seperti kita laksanakan sebelum-sebelumnya,” harap mantan Dandim.

Khususnya kepada Tap-Teng, lanjut Kurnia, ini yang berat bagi Dandim penerus yaitu Sibolga dan khususnya Tapanuli Tengah itu masuk dalam Zona, Pertama Zona Ketahanan Pangan artinya Tapanuli Tengah salah satu lumbung pangan di Sumatera Utara termasuk Indonesia.

” Oleh karenanya, saya berharap seluruh pihak yang terkait mendukung program ini, sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani dan meningkatkan kesejahteraannya, kemudian tantangan yang kedua di Tapteng ada Pembakaran Lahan dan Hutan (Perlahut), kami juga sudah diancam, mohon Maaf, Izin bukan Kadis Kehutanan yang di copot dan bila terjadi lagi Perlahut yang di copot adalah Dandim dan Kapolres,” sebutnya.

Menurutnya, inilah beban yang berat buat Dandim baru, dan sebagai mantan Dandim, Letkol Inf Kurnia meminta kepada seluruh yang hadir agar ikut berpartisipasi untuk memberi Informasi kepada masyarakat agar tidak ada lagi Perlahut dan kepada para pelajar dirinya juga meminta  agar menghindari pergaulan bebas dan Narkoba.

Ketua DPRD Tap-Teng Ahmad Baktiar Sibarani dalam sambutannya mengatakan, “ Terima kasih kepada Letkol Inf. Kurnia, S.Sos. semoga karier kedepan akan lebih baik, hal-hal yang baik di Tap-Teng di sebarluaskan di tempat tugas yang baru dan hal-hal yang kurang baik di Tap-teng tolong tidak disampaikan.

” Selama 2 tahun 8 bulan antara Dandim dengan DPRD Tapteng terjalin komunikasi yang sangat baik, dan kepada Dandim yang baru, Pak, Danrem pinta Ketua DPRD, tetap diteruskan Dandim yang baru,” katanya berharap.

Wali Kota Sibolga Drs. Syarfi Hutauruk juga menyampaikan ucapan rasa terima kasihnya kepada Letkol Inf. Kurnia dan selamat datang kepada Dandim yang baru.

” Sempat juga ikut kaget ketika makan buah bersama dengan Letkol Inf Corri Sigalingging di Jln. Bahagia Kota Sibolga yang ternyata Calon Dandim 0211/TT,” ucapnya.

Bupati Tapteng H. Sukran Jamilan Tanjung, SE. MM mengatakan dirinya berterima kasih atas terpilihnya, lokasi GOR di Pandan Tapteng tempat Pisah Sambut Letkol Inf. Kurnia dan Dandim 0211/TT Letkol Inf. Corri Sigalingging.

” Saya sangat bangga bisa berkenalan dengan Pak Indra dan Ibu, pada saat saya Wakil Bupati, Pak Indra Dandim di Tap-Teng, tidak pernah melihat saya sebelah mata dan saya merasakan itu, dan selama 2 tahun 8 bulan, Pak Indra bertugas, Karier saya meningkat mulai dari Wakil Bupati, menjadi Plt Bupati sampai menjadi Bupati Tapteng, tetapi setelah Bupati, Beliau meninggalkan saya karena tingkatan karier, dan saya berterima kasih atas kerjasamanya selama ini,” ungkapnya.

Danrem 023/KS, Kolonel Inf. Fachri dalam sambutannya juga mengatakan dirinya berterimakasih kepada Pemerintah Kota Sibolga dan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dalam mengadakan Sertijab di Makorem.

” 2 Dandim Tap-Teng dan Tap-Sel tadi seluruh Dandim akan bersama kita akan tetapi karena ada acara di Makodim Tapsel. Maka tidak dapat bergabung,” katanya.

Dalam keterangannya, Danrem menjelaskan, di Lingkungan kami pergantian itu hal biasa, karena Kalau bukan kita yang meninggalkan jabatan itu, jabatan itu yang meninggalkan kita, jadi tidak abadi Pak Wali, Bupati sama halnya. Kalau Pak Indra menyampaikan 2 Tahun, kami tidak boleh lebih dari 3 Tahun kalau lebih 3 Tahun sudah aneh. Ada Apa…? Kan begitu,” katanya.

Dan kesan yang disampaikan Pak Indra, Kalau saya lihat indikator seperti ini yang pertama bisa diterima oleh masyarakat sesuai dengan Motto kami, baik-baik dengan Rakyat ini bisa dibuktikan, mudah-mudahan bisa dilanjutkan oleh Dandim Letkol Inf. Corri Sigalingging. dan Ibu Silalahi bukan asing lagi di Sibolga Tapteng masa kecilnya disini, karena beliau Putri dari Mantan Danrem KS/23 Kolonel Haposan Silalahi,” katanya.

Danrem lanjut mengungkapkan, selama berdampingan dengan Pak Letkol Indra, kami sempat pertaruhkan jabatan kami di Pasca Pilkada Sibolga, karena Sibolga itu salah satu titik rawan Pilkada serentak, dan saya katakan. “ Hapus di Sibolga “. Kepada Letkol Indra, saya katakan sama-sama kita tanggung jawab, di Sumatera Utara itu Kota Sibolga tidak rawan Pilkada, Jadi Pak Wali Pasca Pilkada Serentak Jabatan Danrem taruhannya, disambut tepuk tangan yang hadir.

” Dan kepada Dandim Lekol Inf. Corri, dalam tempo dekat Tap-Teng akan Pilkada serentak. Karena sekarang mulai panas ada bawa kompor 3 Kg. ada 8 Kg ini mulai ramai ini, kita mengikuti perkembangan ini mulai ada Center-Center ini. Jika Positif kita salut,” harapnya.

(Laporan Dari Sibolga, MB)

Teks Foto : Komandan Kodim (Dandim) 0211 Tapanuli Tengah (Tapteng), Lektol Inf. Corri Sigalingging (Tiga dari kanan) Foto Bersama mantan Dandim 0211/Tapanuli Tengah, Letkol Inf Kurnia S.Sos, Komandan Korem KS/23, Kolonel Inf Fachri Panjaitan, Bupati Tap-Teng, H. Sukran Jamilan Tanjung, SE. MM dan Perwira lainnya Usai Gelar Acara Sertijab di GOR Jln. Dr. Ferdinan Lumban Tobing Kota Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah Sumatera Utara, Selasa (08/03/2016) sekira pukul 15.00 WIB. (MB)

 

Loading...

Comments

comments

Pos terkait