PMII Katakan Adanya Dugaan Korupsi di PTPN III dan PTPN IV

example banner

Medan Berita – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) melakukan aksi unjuk rasa di Kantor DPRD Sumut pada Kamis (10/03/2016) sekira pukul 14.00 WIB. Dalam pernyataannya mereka meminta pemerintah menyetabilkan harga karet dan harga sawit. Disamping itu mahasiswa dalam wadah tersebut mengatakan adanya dugaan korupsi di PTPN III dan PTPN IV.

Mereka berpendapat ada sekitar 500 an mahasiswa yang terancam tidak dapat menyelesaikan pendidikan karena bergantung dari orang tua yang mempunyai ladang sawit dan ladang karet.

Aksi ini ditanggapi dengan keluarnya salah seorang anggota dewan, Muhri Fauzi Hafis dari Fraksi Partai Demokrat. Dalam keterangannya ia menyampaikan bahwa ia sependapat dengan para mahasiswa.

” Saya satu kata dengan adik-adik mahasiswa, jika untuk kepentingan bersama akan saya perjuangkan,” ucapnya dihadapan ratusan mahasiswa.

Lanjutnya berkata mengenai dugaan korupsi yang ada di PTPN III dan PTPN IV, fungsi anggota dewan hanya memanggil.

” Dugaan korupsi yang ada di PTPN III dan PTPN IV, kami hanya memanggil saja. Ketika kami menyampaikan surat panggilan maka saya akan tembuskan kepada adik-adik mahasiswa untuk dapat juga menghadirinya,” tegas pria yang akrab dipanggil Fauzi ini.

Bahkan, katanya, jika perlu ia akan langsung mengirim fax kepada Presiden Jokowi untuk hal ini.

Menurut keterangan koordinator aksi, Khairul Efendi bahwa harga karet menyentuh hingga harga Rp 4000. Sehingga anak dari petani tersebut akan terganjal secara keuangan untuk melanjutkan pendidikan.

Dilain sisi ia juga mengatakan adanya dugaan kerugian negara sebesar Rp 173 milyar yang diakibatkan oleh PTPN III. Untuk di PTPN IV sendiri adanya dugaan korupsi penggunaan dan pembekuan perkebunan di Sumatera Utara sebesar Rp 298 milyar.

Pantauan awak media dilapangan, diakhir aksi massa pun membubarkan diri dan menuju ke kampus masing-masing.

(Laporan Dari Medan, MB-03)

Teks Foto : PMII Saat Berorasi di Depan Kantor DPRDSU, Kamis (10/03/2016). (Saf)

Loading...

Comments

comments

Pos terkait