RDP Mengenai Tenaga Kerja Asing

example banner

 

Teks Foto : Gelar RDP Mengenai Tenaga Kerja Asing di Aula Gedung Baru DPRDSU pada Kamis (17/03/2016) pada pukul 14.00 WIB

Medan Berita – DPRDSU menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provsu, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Medan, Kantor Imigrasi Kelas I Polonia dan Kantor Imigrasi Kelas II Belawan di Aula Gedung Baru DPRDSU pada Kamis (17/03/2016) pada pukul 14.00 WIB. Dalam agendanya dewan akan mendengar penjelasan yang dipanggil untuk mengetahui keberadaan tenaga kerja asing di Sumatera Utara.

Rapat yang seharusnya dimulai jam 14.00 WIB belum dimulai. Akhirnya lokasi dipindah ke ruangan rapat Komisi E pada jam 14.25 WIB, akhirnya rapat dimulai dengan permohonan maaf dari Ketua Komisi E, Samsul Qodri sekira jam 14.45 WIB.

Rapat dengar pendapat dimulai, diawali para anggota dewan mendengar dari keterangan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provsu, Bukit Tambunan.

Dalam keterangannya, ia mengakui hanya 215 Tenaga Kerja Asing (TKA) yang terdata di Provinsi dan sebanyak 314 TKA di kabupaten/kota. Bukit juga mengeluh tidak ada koordinasi pusat mengenai pengeluaran izin tenaga kerja. Terakhir ia mengatakan tidak adanya dana untuk melakukan turun bersama ke lapangan.

Kemudian mendengar keterangan dari Kepala Divisi Imigrasi, Kanwil Kemenkumham, M Diah, mengatakan bahwa dari data bulan Januari terdapat 106 TKA.

Pertanyaan pun datang dari Efendi Panjaitan, Everedy Sitorus, Guntur Manurung, Janter Sirait, dan Rinawati.

Antara lain mengenai sinkronisasi data yang tiap instansi keluarkan hingga lemahnya pengawasan instansi terkait mengenai TKA yang ada di Sumut.

Rapat didengar ditutup jam 17.00 WIB, oleh Samsul Qodri dengan rekomendasi, DPRDSU Komisi E akan meminta SOP untuk berkoordinasi kepada Kemenkumham, mengoptimalkan intelijen Kemenkumham dan memperbaharui data TKA di Sumatera Utara.

(Laporan Dari Medan, MB-03)

Loading...

Comments

comments

Pos terkait