Plt Gubsu : Silangit Siap Jadi Pintu Gerbang Menuju Danau Toba

example banner

Teks Foto : Plt Gubsu,  Ir H. Tengku Erry Nuradi, MSi (kemeja putih) Foto Bersama Sejumlah Pejabat Daerah Saat Mendaratnya Maskaspai Garuda Indonesia jenis Bombardier CRJ-1000 di Bandara Silangit, Kecamatan Siborong-borong, Selasa (22/03/2016). (Saf)

Medan Berita – Maskapai Garuda Indonesia secara resmi membuka rute penerbangan dari Jakarta menuju kawasan Danau Toba di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), Selasa (22/03/2016).

Pembukaan rute perdana ditandai dengan mendaratnya maskaspai Garuda Indonesia jenis Bombardier CRJ-1000 di Bandara Silangit, Kecamatan Siborong-borong sekitar pukul 11.20 WIB. Sebelumnya, pesawat yang membawa 96 penumpang, take off dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) di Tanggerang sekitar pukul 09.20 WIB.

Turut dalam penerbangan perdana tersebut Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Ir H. Tengku Erry Nuradi, MSi, Asisten Deputi Bidang Usaha, Jasa Keuangan, Jasa Survey dan Konsultan Bandung, Pardede, Direktur Angkutan Udara, Maryati Karma, Straf Khusus Kementerian Pariwisata Bidang Media, Muh Noer Sadono, Direktur Utama Garuda Indonesia, M Arif Wibowo, Komisaris Utama PT Angkasa Pura II, Rhenald Kasali, Direktur Utama AP I Budi Karya.

Juga ikut dalam penerbangan itu Ketua Indonesia Airport Slot Management, Bernard Munthe, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Suprasetyo, Deputi Bidang Usaha Konstruksi Sarana dan Prasarana Perhubungan BUMN, Pontas Tambunan, sejumlah petinggi Kementerian Pariwisata, Pemimpin Redaksi media nasional dan penumpang reguler.

Pendaratan disambut suka cita dengan pengalungan ulos oleh Bupati Taput Drs Rikson Nababan didampingi sejumlah kepala daerah di kawasan Danau Toba yakni Bupati Samosir, Drs Rafidin Simbolon, Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Kosmar Banjarnahor, SE, Bupati Toba Samosir (Tobasa), Ir Darwin Siagian, Ketua DPRD Taput, Oktonier Simanjuntak, Ketua DPRD Humbahas, Manaek Hutasoit dan jajaran FKPD Taput lainnya.

Dalam kesempatan itu, Tengku Erry Nuradi mengatakan, Bandara Silangit menambah pintu gerbang untuk kawasan wisata Danau Toba, terutama bagi wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal nusantara.

“ Akses transportasi udara yang selama ini belum maksimal, kini sudah dibuka secara resmi oleh Maskapai Garuda Indonesia. Ini menambah pintu gerbang menuju kawasan wisata Danau Toba,” sebut Erry.

Dengan dibukanya rute penerbangan menuju Bandara Silangit, lama tempuh menuju kawasan Danau Toba semakin pendek. Tidak seperti selama ini membutuhkan sedikitnya 4 sampai 5 jam dari Medan.

“ Kita berharap, rute baru penerbangan ini akan mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Danau Toba. Apalagi jika didukung sarana jalan tol nantinya,” ujar Erry optimis.

Dalam upaya menumbuhkan kebanggaan dan kecintaan terhadap Danau Toba sebagai Monaco of Asia, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut akan menyiapkan sertifikat bagi wisatawan yang telah berkunjung ke Danau Toba.

“ Sertifikat itu sebagai bukti bahwa telah berkunjung ke kawasan Danau Toba. Tiap pengunjung akan tercatat berdasarkan nomor registrasi kunjungan. Kita rencanakan pembuatan sertifikat itu akan dimulai sejak Kawasan Danau Toba diresmikan Bapak Presiden nantinya,” sebut Erry.

Untuk sementara, Garuda Indonesia melayani penerbangan menuju Bandara Silangit sebanyak 3 kali seminggu, Selasa, Kamis dan Minggu dengan rute Bandara Soeta Jakarta menuju Silangit pukul 06.30 WIB – 08.35 WIB, Bandara Silangit menuju bandara Pinangsori Sibolga pukul 09.15 WIB – 09.40 WIB dan Bandara Pinangsori menuju Jakarta pada pukul 10.20 WIB – 12.25 WIB.

Rencananya, Maskapai Garuda Indonesia akan mengembangkan 8 flight lainya yakni dari Bandara Silangit – Bandara Kualanamo Internasional Airport (KNIA) Medan, Bandara Silangit – Bandara Pinangsori Sibolga, Bandara Silangit – Gunung Sitoli Nias, Bandara Silangit – Silangit Aek Godang Padang Sidimpuan, Bandara Silangit – Pinang Kampai Dumai, Bandara Silangit – Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Bandara Silangit – Hang Nadim Batam dan Bandara Minang Kabau Airport Padang.

(Laporan Dari Siborong-borong, MB-03)

Loading...

Comments

comments

Pos terkait