WNA Asal Rusia Tidak Terbukti Rusak Bendera Merah Putih

example banner

Medan Berita – Setelah menjalani gelar perkara di Polres Langkat, dengan melibatkan pihak Dit Reskrimum Poldasu dan pihak Imigrasi, Mickael Chervikov, touris asing asal Rusia tidak dapat dikenakan pidana karena tidak memenuhi unsur.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf melalui Kasubbid Penmas Humas Poldasu, AKBP MP. Nainggolan, kepada wartawan, Rabu (30/03/2016) petang mengatakan, adapun alasannya karena kondisi bendera Merah Putih itu masih bagus dan tidak rusak.

Selain itu, Mickael juga dinyatakan tidak berniat untuk merendahkan harkat dan martabat bangsa Indonesia, karena niat sesungguhnya datang ke Indonesia adalah untuk berwisata, bukan untuk merendahkan harkat dan martabat Indonesia.

” Turis itu tidak ditahan karena tidak memenuhi unsur, soalnya kondisi bendera merah putih itu masih bagus dan dapat dipergunakan. Selain itu juga, tidak ada niat dari touris itu untuk merendahkan martabat bangsa Indonesia, karena tujuannya datang ke Indonesia adalah untuk berwisata,” sebut , AKBP MP. Nainggolan.

Lebih lanjut dijelaskannya, Polisi memeriksa warga negara asing (WNA) asal Rusia yang diduga menghina lambang negara bendera Merah Putih. Warga negara Rusia ini bernama Mickael Chervikop (27) dan ibunya Olga (53).

” Usai melakukan gelar perkara, dan pemeriksaan kedua WNA Rusia itu akhirnya diserahkan kepada pihak Imigrasi Medan,” pungkas MP. Nainggolan.

Sebelum melakukan aktivitas tracking di Bukit Lawang, Kec. Bahorok, menggunakan pemandu wisata (guide) bernama Man (27) warga Desa Timbang, Kec. Bohorok, Langkat. Informasi dihimpun, pada Selasa (29/03/2016) kemarin, guide mengajak kembali ke Bukit Lawang, padahal kedua WNA itu belum merasa puas menikmati suasana Bukit Lawang.

Mereka pun marah karena tidak puas dengan pelayanan pemandu wisata di Bukit Lawang yang saat itu dipergunakan warga Rusia ini untuk memandu wisata traking di kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL).

Mereka marah, dan konon menarik bendera Merah Putih yang ada di perkantoran HPI Bahorok. Aksi mereka itu berhasil diredakan oleh Babinsa, Serda Edi Sulianto. Touris itu kemudian diamankan ke Polsek Bohorok untuk dimintai keterangan.

(Laporan dari Poldasu, MB-01)

Loading...

Comments

comments

Pos terkait