Plt Gubernur Sumut Ajak HIDA Jalin Kerjasama Bidang Industri

example banner

Teks Foto : Plt Gubsu, Ir H. Tengku Erry Nuradi, MSi (kanan) saat menerima cenderamata dari Preseiden The Oversaes Human Resources and Industry Development Association (HIDA) AOTS Mr Kazuo Kaneko di rumah dinas Gubernur Sumut , Jln. Sudirman Medan, Selasa (12/04/2016). (Saf) 

Medan Berita – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Ir H. Tengku Erry Nuradi, MSi mengajak Assosiasi Sumber Daya Manusia dan Pengembangan Industri Luar Negeri Jepang (Human Resources and Industry Development Association) menjalin bekerjasama berbagai bidang.

Ajakan tersebut disampaikan Tengku Erry Nuradi dalam acara temu ramah dan jamuan makan malam Plt Gubernur Sumut bersama Preseiden The Oversaes Human Resources and Industry Development Association (HIDA) AOTS Mr Kazuo Kaneko di rumah dinas Gubernur Sumut , Jln. Sudirman Medan, Selasa (12/04/2016) malam.

Hadir dalam acara tersebut Konjen Jepang Mr Hirofumi Morikawa, Konjen Malaysia Amizal Fadzli Rajali, Konsul Singapura Mar Low, Konsul China Liu Weiguo, Ketua Umum Perhimpunan Alumni HIDA Khairul Mahali, sejumlah SKPD Sumut dan para undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, HIDA sebagai organisasi bagi pengembangan sumber daya manusia di negara-negara berkembang berpotensi menjalin kerjasama teknis melalui pelatihan dan pertukaran SDM.

Hubungan kerjasama diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di sejumlah negara berkembang sekaligus meningkatkan hubungan persahabatan antara negara sahabat.

“ Kerjasama juga kita harapkan mengeratkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang yang terjalin baik selama ini, khususnya dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” sebut Erry.

Sebagai provinsi terbesar ke empat di Indonesia, Sumut memiliki peran strategis di wilayah Indonesia bagian barat. Tidak hanya sebagai pusat kegiatan ekonomi, namun juga kaya akan potensi perkebunan, perdagangan, pertanian, pariwisata, keuangan dan jasa serta sebagai pintu gerbang wisatawan mancanegara.

“ Secara geografis, Sumut juga berada di jalur pelayaran padat dunia yang berhadapan langsung dengan negara tetangga Malaysia, Singapura dan Thailand. Kami berharap HIDA dapat melihat potensi itu dan berkenan menjalin kerjasama di berbagai bidang,” papar Erry.

Dalam kesempatan itu, Erry juga mengapresiasi budaya tertib dan disiplin yang mengakar pada masyarakat Jepang. Hal tersebut dirasakan saat Erry menjalani pendidikan Small Medium Enterprise di Yokohama, Jepang pada tahun1998 lalu.

“ Saya ingat saat itu, kami ada 40 orang dari seluruh Indonesia. Khusus dari Sumut ada 4 orang. Saat kami kami sampai di Yokohama, kami melihat siaran televisi yang melaporkan perakiraan akan terjadi gempa pada esok hari. Masyarakat santai saja. Tidak panik. Ternyata di Jepang, gempa sudah dapat diprediksi sebelum terjadi gempa,” kenang Erry.

Erry juga menuturkan, rombongan juga dibawa ke sejumlah lokasi, termasuk pabrik Toyota.

“ Ternyata tiap komponen mobil diproduksi home industry. Toyota hanya merakit saja. Itu artinya, masyarakat Jepang sangat akrab dengan teknologi. Ini pantas menjadi motivasi bagi masyarakat Sumut dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah,” harap Erry.

Erry juga mengatakan, saat pendidikan Small Medium Enterprise di Yokohama, Jepang akan berakhir, perwakilan dari Indonesia diajak berkeliling ke sejumlah lokasi wisata.

“ Setelah semua selesai, pihak penyelenggara mengembalikan sejumlah uang sisa yang tidak sempat digunakan. Ini artinya, masyarakat Jepang juga mengedepankan budaya jujur. Budaya jujur ini harus kita tiru. Baik untuk mayarakat Sumut kedepan,” harap Erry.

Sementara Preseiden The Oversaes Human Resources and Industry Development Association (HIDA) Mr Kazuo Kaneko mengaku sangat senang dapat berkunjung ke Sumut, bertemu dengan Plt Gubernur Sumut dan Perhimpunan Alumni HIDA.

“ Kami berharap dapat menjalin kerjasama yang lebih baik lagi di masa mendatang,” ujar Kazuo.

Ketua Umum Perhimpunan Alumni HIDA Khairul Mahali berharap, alumni HIDA dapat memberikan kontribusi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dalam mendorong laju pertumbuhan dunia industri.

“ Kita sudah menyusun program. Program itu diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pembangunan Sumut,” jelas Mahali.

(Laporan dari Medan, MB-03)

Loading...

Comments

comments

Pos terkait