Pesta Rakyat Dalam Rangka HUT Sumut ke-68 di PRSU

example banner

Teks Foto : HT Erry memberikan tumpeng kepada Hasban Ritonga di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Komplek Tapian Daya, Jln. Gatot Subroto Medan, Jumat (15/04/2016) 

‪Medan Berita – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Ir H. Tengku Erry Nuradi, MSi mengajak seluruh stokeholder dan seluruh elemen masyarakat untuk meleber dalam kebersamaan, kekompakan dan harmonisasi dalam upaya membangun Sumut yang paten.

Ajakan tersebut disampaikan Tengku Erry Nuradi dalam acara Panggung Hiburan Rakyat dalam rangka memperingati Hari Jadi Sumut ke-68 Pemprov yang berlangsung di arena Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU), Komplek Tapian Daya, Jln. Gatot Subroto Medan, Jumat (15/04/2016) malam.

Hadir dalam acara itu Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumut, M Yusni, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Sekda Sumut, Hasban Ritonga, Ketua TP PKK Sumut Evi Diana Erry, Ketua Dharma Wanita Sumut, Ny Hasban Ritonga, jajaran SKPD Sumut dan para undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Erry menegaskan, roda pembangunan di Sumut tidak akan berjalan tanpa peran serta seluruh masyarakat yang bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemko) di daerah masing-masing.

“ Nias adalah bagian dari Sumut. Begitu juga dengan Mandailing Natal hingga ke Kabupaten Langkat yang berbatasan dengan Provinsi Aceh. Pemkab dan Pemko di 33 daerah merupakan satu kesatuan yang harus saling mendukung. Itulah Sumatera Utara yang kita cintai. Saat ini usianya telah genap 68 tahun,” sebut Erry.

Erry mengatakan, kekuatan terbesar yang dimiliki Sumut adalah keragaman adat istiadat, budaya, suku dan agama yang hidup berdampingan dengan selaras. Tiap masyarakat saling menghargai satu dengan yang lainnya.

“ Tidak ada Superman di Sumatera Utara. Sekali lagi, yang ada adalah Super Team. Tiap elemen mengakar kuat saling erat bergandengan tangan dalam menghadapi tantangan yang ada, sekaligus mencari solusi secara bersama-sama. Kebersamaan adalah kekuatan yang sebenarnya,” pesan Erry.

Erry juga menambahkan, harmonisasi yang terjalin selama ini harus tetap dipertahankan demi menjaga keamanan dan kondusifitas masyarakat. Keamanan yang terpelihara adalah modal utama dalam menjalankan roda pembangunan di Sumut.

“ Mari kita tanggalkan ego sektoral, ego kedaerahan, eko kesukuan, ego strata sosial dan berbagai ego lainnya. Kita berada dalam satu tujuan yang sama yaitu Sumut yang lebih paten dari sebelumnya. Persaingan bukan sesama Kabupaten atau Kota, tetapi persaingan sesungguhnya adalah dengan provinsi lain yang jauh lebih maju dari Sumut,” pesan Erry.

Tidak lupa Erry mengingatkan, kegiatan Pesta Rakyat yang merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Sumut, tidak hanya sebagai ajang hiburan bagi masyarakat saja, tetapi lebih luas yakni ajang pemersatu dalam bingkai kebersamaan.

“ Tahun ini sengaja kita pilih lokasi PRSU, karena seluruh Kabupate Kota memiliki perwakilan pavilion di PRSU ini. Lokasi ini menjadi miniature Sumatera Utara yang kompak,” ujar Erry.

Tiap daerah, sebut Erry, melakukan upaya promosi potensi daerah masing-masing. Baik daerah yang berada di kawasan pantai Barat, pantai timur dan kawasan dataran tinggi Bukit Barisan. Kita memiliki kekayaan dan keindahan alam dan budaya yang luar biasa,” sebut Erry.

Pemkab dan Pemko di 33 daerah di Sumut harus dapat memanfaatkan potensi secara maksimal di daerahnya masing-masing demi mendorong tingkat kemakmuran rakyat Sumut.

“ Untuk memanfaatkannya, kita membutuhkan harmonisasi kerjasama dan kekompakkan segenap stakeholder yang ada,” pesan Erry.

Erry menyatakan, peringatan HUT Sumut ke-68 tahun 2016 berlangsung sederhana, karena Sumut masih dalam tahap pemulihan (recovery).

“ Ibarat baru sembuh dari sakit, sekarang kita dalam tahap pemulihan, semoga kita bisa melalui ini dengan kekompakkan dan kita mampu mengejar ketertinggalan dari provinsi lain,” ajak Erry.

Sementara Sekda Sumut yang juga selaku Ketua Panitia Hari Jadi Sumut ke-68, Hasban Ritonga menyatakan, Pesta Rakyat di PRSU merupakan puncak rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Sumut ke-68 tahun 2016. Sedang rangkaian kegiatan lain diantaranya ziarah ke makam tokoh Sumut di Komplek Taman Makam Pahlawan dan makam mantan Gubernur Sumut, H. Tengku Rizal Nurdin di Komplek Mesjid Raya Al Mahsun, Jln. Sisingamangaraja Medan, rapat Paripurna di DPRD Sumut, bakti sosial, kegiatan ekonomi, seminar dan kegiatan lainnya.

“ Semoga rangkaian kegiatan Hari Jadi Sumut dapat lebih meningkatkan kepedulian dan peran masyarakat dalam mendukung pembangunan di Sumut,” harap Hasban.

Sebelum acara Pesta Rakyat digelar, Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi didampingi Ketua PT PKK Sumut Evi Diana Erry memotong tumpeng sebagai bentuk rasa syukur. Kemudian acara Pesta Rakyat dimeriahkan tarian etnis dari berbagai daerah di Sumut serta pesta kembang api. Acara ditutup dengan penampilan hiburan artis ibu kota Rizky, The Titans.

(Laporan dari Medan, MB-03)

Loading...

Comments

comments

Pos terkait