Berkas Perkara Kasus Pengadaan Truk Sampah Telah Diserahkan ke JPU

example banner

Medan Berita – Pada tahun anggaran 2010, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kab. Padang Lawas (Palas) melaksanakan kegiatan pengadaan 2 unit mobil truk sampah dan 1 unit mobil bus Pemda Palas yang bersumber dari dana APBD Padang Lawas TA. 2010.

Diketahui, pagu anggaran untuk pengadaan 2 unit truk sampah Rp570 juta. Sedangkan pagu anggaran pengadaan 1 unit bus Pemda senilai Rp476 juta. Kemudian pada tanggal 26 Nopember 2010, panitia pengadaan melaksanakan pelelangan yang ditetapkan sebagai pemenang lelang yaitu PT. Multi Star Mandiri yang beralamat di Jln. Halat No. A-4 Medan.

Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Hasil Daerah Kab. Palas telah melakukan pembayaran kepada penyedia barang, sementara barang mobil tidak ada (fiktif) yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp947 juta.

Dirkrimsus Poldasu, Kombes Pol Ahmad Haydar melalui Kasubdit Tipikor, AKBP Nicolas kepada wartawan, Rabu (27/04/2016) siang mengatakan bahwa Drs. Gusnar Hasibuan sebagai kuasa pengguna anggaran (statusnya sudah divonis).

” Lalu Muhammad Nuh Lubis, SE, selaku Kepala Cabang P. Multi Star Mandiri (statusnya sudah divonis),” ujarnya.

Lebih lanjut AKBP Nicolas mengatakan bahwa setelah melalui sidik dan pengajuan berkas perkara ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan telah dinyatakan lengkap (P-21). Pada hari Senin tanggal 25 April 2016, Ditreskrimsus Polda Sumut menyerahkan Drs. Muhammad Pangihutan Hasibuan ke Kejati Sumut yang telah dibuat berita acara penyerahan tersangka dan barang bukti.

” Drs. Muhammad Pangihutan Hasibuan selaku PPTK Pemda Kab. Palas telah ditetapkan Poldasu sebagai tersangka dan telah kita kirim ke Jaksa,” pungkas Nicolas.

(Laporan dari Polda Sumut, MB-06)

Loading...

Comments

comments

Pos terkait