Laporan Triwulan Pertama Inflasi Sumut Melebihi Inflasi Nasional

example banner

Medan Berita – Harga bahan komoditi yang merupakan standar penilaian terhadap inflasi mengalami kenaikan di Provinsi Sumatera Utara. Hal ini terjadi pada tiga bulan pertama tahun 2016. Pernyataan ini dikemukakan oleh Elidawati selaku Kepala Bagian (Kabag) Ekonomi, Biro Perekenomian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara pada Kamis (28/04/2016) siang.

” Triwulan pertama inflasi komulatif sejak Januari dan Maret tahun 2016 Provinsi Sumatera Utara sebesar 2%, untuk nasional sendiri 0,62%,” ungkap Elidawati kepada awak media.

Peningkatan daya beli masyarakat juga diakui oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemprovsu ini mengalami peningkatan. Hal ini ditandai dengan peningkatan harga komoditi.

” Harga komoditi mengalami kenaikan, daya beli masyarakat juga pasti meningkat,” kata perempuan berjilbab ini.

Disinggung lebih jauh mengenai inflasi yang dialami provinsi triwulan pertama disumbang oleh kenaikan harga bawang merah dan cabai merah.

” Penyumbang persentasi terbesar adalah cabai merah dan bawang merah,” ujarnya.

Biro Perekonomian Pemprovsu menyatakan sumber data mengenai inflasi didapat dari empat kota yang mempresentasikan Sumut yaitu Kota Medan, Kota Pematangsiantar, Kota Padang Sidempuan dan Kota Sibolga.

Menghadapi hari besar beberapa waktu mendatang, Elidawati mengatakan sudah mengantisipasi kenaikan harga menjelang bulan puasa dan lebaran.

” Melalui pertemuan Jumat kemarin (22/04/2016) lalu di Parapat. TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) yang diketuai oleh Sekda Provsu sudah mengantisipasinya,” ucapnya lagi.

Secara rinci ia menjabarkan akan mengundang distibutor bahan pokok masyarakat untuk melakukan analisa terhadap sumber atau potensi tekanan inflasi daerah. Kemudian melakukan kunjungan ke sentra produksi pertanian, peternakan, atau tempat lainnya untuk menjamin ketersediaan barang. Selain melaporkan hasil perkembangan harga, TPID juga menjamin ketersediaan informasi harga pangan bagi semua pelaku ekonomi baik produsen, pedagang dan konsumen.

(Laporan dari Medan, MB-03)

 

Loading...

Comments

comments

Pos terkait