BKPM Siap Layani Kemudahan Investasi di Indonesia

example banner

Teks Foto : Franky saat menyampaikan sambutannya di the 1st Indonesia-Malaysia Investment Forum Kuala Lumpur, Jumat (29/04/2016). (MB)

Medan Berita – Demi terus mendorong minat investor Malaysia, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) telah menyiapkan sejumlah pelayanan kemudahan investasi di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“ Investor cukup datang ke BKPM yang telah menjadi one stop shop untuk investasi. Khusus untuk Malaysia, kami telah siapkan tim marketing khusus yang siap memfasilitasi kebutuhan calon investor yang akan memulai atau memperluas bisnis mereka di Indonesia,” ungkap Franky saat menyampaikan sambutannya di the 1st Indonesia-Malaysia Investment Forum yang berlangsung di Kuala Lumpur, Jumat (29/04/2016).

Sebagai bagian dari reformasi pelayanan investasi, dijelaskannya calon investor juga dapat memanfaatkan layanan 3-hour service atau pelayanan investasi dalam 3 jam untuk mendapatkan 8 jenis perijinan, kemudahan ijin langsung konstruksi di beberapa kawasan industri dan reformasi kebijakan lainnya seperti paket deregulasi kebijakan, revisi daftar negatif investasi, dan lain sebagainya.

Franky menambahkan bahwa upaya perbaikan pelayanan memang telah menjadi fokus BKPM, tidak lagi sekedar permasalahan kemudahan perijinan.

“ Kini BKPM ingin lebih berperan aktif sebagai partner bagi para pelaku bisnis, memberikan asistensi mulai dari tahap perencanaan hingga tahap akhir realisasi investasi,” ujarnya.

Disebutkannya, adapun sektor yang difokuskan untuk lebih menarik banyak investor mencakup lima bidang, yaitu infrastruktur, pertanian, pariwisata, industri maritim dan manufaktur.

” Malaysia adalah salah satu mitra utama Indonesia di bidang investasi. Sepanjang 2010-2015, Malaysia merupakan negara terbesar ke-5 sumber investasi dengan nilai total USD 7,2 milyar. Bahkan pada tahun 2015, Malaysia telah menempati peringkat ke-2, dengan peningkatan realisasi investasi hingga 73 % mencapai angka lebih dari USD 3 milyar,” kata Frangky.

Duta Besar RI untuk Malaysia, Herman Prayitno, mengharapkan agar forum investasi yang diadakan untuk pertama kalinya ini dapat semakin mendongkrak angka realisasi investasi Malaysia ke Indonesia.

“ Pemerintah RI telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi, ditambah dengan berbagai kemudahan layanan investasi seperti inilah kita harapkan investor Malaysia makin tertarik menanamkan modal ke Indonesia,” tutur Dubes Herman.

The 1st Indonesia-Malaysia Investment Forum nampak dihadiri oleh sekitar 150 pebisnis Malaysia. Selain mendapatkan update terbaru mengenai kebijakan dan regulasi investasi dari sesi forum panelist bersama BKPM dan Kementerian Perindustrian, peserta juga dapat mengikuti one-on-one investment clinic untuk lebih mengidentifikasi minat dan kebutuhan investasi di sektor-sektor tertentu.

(Sumber: KBRI Kuala Lumpur)

Loading…

Comments

comments

Pos terkait