Menteri Perdagangan dan Industri Malaysia Harap BKPM Indonesia Terus Bersinergi

example banner

Teks Foto : Kepala BKPM, Franky Sibarani Berbincang bersama Menteri Perdagangan dan Industri Malaysia, Dato’ Sri Mustapa Mohamed sebelum dimulainya acara the 1st Indonesia-Malaysia Investment Forum di Kuala Lumpur, Jumat (29/04/2016). (MB)

Medan Berita – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Franky Sibarani dan Menteri Perdagangan dan Industri Malaysia, Dato’ Sri Mustapa Mohamed sepakat untuk tingkatkan kerjasama dalam menarik foreign direct investment (FDI) ke wilayah ASEAN, khususnya Malaysia dan Indonesia.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut terkemuka dalam breakfast meeting kedua pejabat tersebut sebelum dimulainya acara the 1st Indonesia-Malaysia Investment Forum di Kuala Lumpur, Jumat (29/04/2016) pagi.

Menurut Dato’ Sri Mustapa Mohamed mengatakan Share investasi ASEAN dalam hal aliran FDI telah meningkat sejak tahun 2010 dari 6% menjadi 24 % di tahun 2015.

” Untuk itulah dengan semangat ASEAN, saya berharap akan lebih banyak kerjasama antara badan- badan yang berada dibawah Kementerian Perdagangan dan Industri Malaysia serta BKPM Indonesia dapat terus bersinergi untuk menarik FDI dan investasi lintas batas antara kedua negara ini,” harapnya.

Sementara itu Kepala BKPM, Franky Sibarani berharap melalui forum investasi yang diprakarsai oleh KBRI Kuala Lumpur bekerjasama dengan BKPM inilah kolaborasi peningkatan FDI antara Malaysia dan Indonesia dapat lebih ditingkatkan.

” Karena itu BKPM berkomitmen untuk meningkatkan iklim investasi, khususnya bagi investor Malaysia melalui reformasi layanan investasi, diantaranya pembentukan tim khusus pemasaran investasi untuk negara Malaysia, pelayanan izin investasi 3 jam, Fasilitas kemudahan izin langsung konstruksi, dan reformasi kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk menjadikan Indonesia lebih terbuka dan dan kompetitif melalui revisi daftar negatif investasi, paket deregulasi kebijakan, pusat logistik berikat, dan lain sebagainya,” ucap Frangky.

Diketahui, sekitar 150 pebisnis Malaysia nampak hadir untuk mengikuti forum investasi antara Indonesia-Malaysia diadakan untuk kali pertama ini. Selain forum panelis dengan narasumber dari sejumlah pejabat tinggi BKPM dan Kementerian Perindustrian, kegiatan ini juga menghadirkan one-on-one clinic investment untuk mengidentifikasi minat calon investor Malaysia.

Forum investasi ini sendiri dimaksudkan untuk lebih memfokuskan pemasaran investasi Malaysia mengingat tren realisasi dan komitmen negara jiran ini cenderung meningkat. Pada tahun 2015, realisasi investasi Malaysia tumbuh sebesar 73% dibandingkan tahun sebelumnya senilai 3 Miliar Dolar AS. Sedangkan nilai komitmen investasi Malaysia pada periode yang sama mencapai USD 5,5 miliar, naik 148 persen dari capaian tahun sebelumnya.

(Sumber: KBRI Kuala Lumpur)

Loading…

Comments

comments

Pos terkait