Nama-nama Fraksi DPR yang Dukung Presiden Ajukan Calon Kapolri

example banner

Medan Berita – Inilah nama-nama Fraksi DPR yang mendukung Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) untuk mencalonkan Komjen. Pol. Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D sebagai Kapolri.

1. Fraksi Hanura. Sumber Dadang Rusdiana, Sekretaris Fraksi Hanura. Pernyataan Hanura sangat menghormati apa yang menjadi keputusan Presiden. Tito juga memiliki track record yang bagus walaupun dari usia banyak yang senior. Tito pernah jadi komandan Densus 88, Kapolda Metro Jaya dan sekarang kepala BNPT. Dari track record-nya Tito bagus.

Bacaan Lainnya

2. Fraksi PPP. Sumber Reni Marlina Wati, Ketua Fraksi PPP. Pernyataan PPP mengapresiasi, presiden juga telah melakukan regenerasi di Kepolisian RI. Saya kira ini luar biasa baik. Ke depan, regenerasi itu bukan lagi didasarkan pada usia tapi betul-betul berbasis kualitas.

3. Fraksi Nasdem. Sumber Taufiqulhadi, Komisi III DPR. Pernyataan Pak Tito dibutuhkan Indonesia yang kekinian dengan latar belakang yang sangat paham dengan persoalan-persoalan terorisme.

4. Fraksi PKB. Sumber Jazilul Fawaid, Sekretaris Fraksi PKB. Pernyataan Tito merupakan sosok yang bisa membawa perubahan di tubuh Polri. Ia melihat langkah Tito ke depannya akan mulus, karena mantan Kapolda Papua tersebut membawa cita-cita positif bagi Institusi Kepolisian.

5. Fraksi PDIP. Sumber Anggota Komisi III, Junimart Girsang. Pernyataan “Ada aturan yang harus kita jalani. Bagaimana mau lancar tapi belum dilakukan (fit and proper test)”.

6. Fraksi PAN. Sumber Ketua PAN, Zulkifli Hasan. Pernyataan Itukan satu-satunya calon yang diusulkan Presiden ya itu hak prerogatif presiden. Itu hak penuh presiden untuk memilih Kapolri. Sebagai partai pendukung pemerintah PAN tentunya mendukung penuh keputusan tersebut.

7. Fraksi Golkar. Sumber Bambang Soesatyo, Anggota Komisi III. Pernyataan karena Partai Golkar sudah menjadi partai pendukung pemerintah maka Golkar akan mendukung apapun keputusan presiden termasuk soal calon kapolri tersebut.

8. Fraksi PKS. Sumber Jazuli Jawani, Ketua Fraksi PKS. Pernyataan Dalam waktu dekat ini akan kami adakan rapat fraksi untuk mengetahui pandangan dari masing-masing anggota mengenai Pak Tito, baru setelah itu bisa kami tentukan langkah berikutnya.

9. Fraksi Demokrat. Sumber Didik Mukrianto, Sekretaris Fraksi Partai Demokrat. Pernyataan Kapasitas (Tito) sangat terukur kan sudah beberapa jabatan strategis maupun tugas negara. Pak Tito akan mampu membangun, sehingga Polri lebih kuat.

10. Fraksi Gerindra. Sumber Sufmi Dasco Ahmad, Wakil Ketua Fraksi Gerindra. Pernyataan Dari sisi pengalaman dan akademik, yang bersangkutan layak menduduki posisi itu. Tapi nanti kita lihat sepanjang fit and proper test.

 

(Laporan dari Jakarta, Koalisi Masyarakat Sipil/MB)

Loading…

Comments

comments

Pos terkait