Pemprov Sumut 2016 Prioritaskan Pembangunan Dalam 9 Poin

example banner

Teks Foto : Gubsu, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, MSi Didampingi Istri, Hj. Evi Diana Erry saat memberikan tali asih kepada anak yatim. (Ham)

Medan Berita – Secara tegas, Gubsu, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, MSi mengatakan, Pemprov Sumut tahun 2016 memprioritaskan perhatian pembangunan dalam 9 poin besar antara lain :

  1. Peningkatan kehidupan beragama, penegakan hukum, penguatan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dan mendorong tingkat pastisipasi masyarakat dalam pembangunan.
  2. Peningkatan aksebilitas dan kualitas pendidikan.
  3. Peningkatan aksebilitas dan pelayanan kesehatan.
  4. Peningkatan infrastruktur dan pengembangan wilayah mendukung daya saing perekonomian.
  5. Peningkatan produksi, produktivitas dan daya saing produk pertanian, kelautan dan perikanan.
  6. Peningkatan penguasaan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi, inovasi dan kreativitas daerah.
  7. Peningkatan ekonomi kerakyatan.
  8. Perluasan kesempatan kerja dan peningkatan kesejahteraan rakyat miskin.
  9. Serta mendukung dan mendorong kebijakan nasional di daerah.

“ Prioritas pembangunan itu diharapkan akan mendorong laju pertumbuhan ekomoni Sumut di tahun 2016 yang diestimasikan akan berada pada kisaran 5,5 sampai 5,8 persen,” ucap Erry saat menyampaikan imbauan tersebut dalam acara Safari Ramadhan 1437 Hijriyah Pemprov Sumut bersama jajaran Pemko Gunung Sitoli di Masjid Al Furqan, Jln. Rao, Kota Gunung Sitoli, Kamis (23/06/2016).

Begitu juga dengan laju inflasi di Sumut tahun 2016, sebut Erry, akan diprediksi semakin membaik di kisaran 4 persen plus minus 1, persentase penduduk miskin mencapai 9,35 persen dan tingkat pengangguran terbuka sebesar 5,65 persen.

“ Yang tidak kalah pentingnya adalah indikator indeks Gini Ratio yang pada tahun 2013 sebesar 0,413 diharapkan akan menurun menjadi 0,342 pada tahun 2016 ini,” sebut Erry.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi bersama istri yang juga Ketua TP PKK Sumut, Hj. Evi Diana Erry menyerahkan tali asih masing-masing Rp.200 ribu kepada 100 anak yatim piatu serta kaum duafa sebanyak Rp.300 ribu kemudian kepada alim ulama serta bantuan pembangunan masjid untuk Badan Kenadziran Masjid (BKM) Al Furqan sebanyak Rp.15 juta.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan mendengarkan tausyiah Ramadhan oleh Ustadz Amhar Nasution, berbuka puasa bersama dan sholat maghrib berjamaah di Masjid Al Furqan, Gunung Sitoli. Makan malam bersama berlangsung di Pendopo Bupati Nias Induk, Jln. Ir Soekarno, Kel. Pasar, Gunung Sitoli.

Hadir dalam acara tersebut Walikota Gunung Sitoli, Ir. Lakhomizaro Zebua, SKPD dan Muspida Gunung Sitoli, Bupati Nias, Drs. Sokhiatulo Laoli dan jajarannya.

Sementara Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut yang turut hadir Ketua TP PKK Sumut, Hj. Evi Diana Erry, Kadis Perhubungan Sumut, Antoni Siahaan, Kadis Pariwisata, Elisa Marbun, Kadis Pendapatan Sumut, Sarmadan Hasibuan, Staf Ahli Gubernur, Binsar Situmorang, Kepala Bapedda Sumut, Arsyad Lubis, Kadis Pertanian, Azhar Harahap, Kadis Perikanan dan Kelautan Sumut, Joni Waldi, Kadis Tarukim, Ibnu Hutomo, Kadis Tenaga Kerja Sumut, Bukit Tambunan, Biro Kesos Sumut dan sejumlah SKPD Sumut lainnya.

 

 

(Laporan dari Pemprovsu, MB-03)

Loading...

Comments

comments

Pos terkait