Gubsu Safari Ramadhan di Madina

example banner

Teks Foto : Gubsu, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, MSi didampingi Ketua TP PKK, Hj. Evi Diana Erry bersama Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut 1437 Hijriyah 2016 Foto Bersama Anak Yatim usai menyerahkan Tali Asih di Masjid Al Huda, Jln. A Yani, Kec. Natal, Madina, Sabtu (25/06/2016). (Ham)

Medan Berita – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara ( (Pemprovsu) melalui APBD Tahun 2016 mengalokasikan anggaran sebesar Rp.48,279 milyar untuk pembangunan infrastrukur jalan dan jembatan kepada Pemerintah Kabupaten Mandaling Natal (Pemkab Madina).

Hal itu dikatakan Gubsu, Ir. H. Tengku Erry Nuradi, MSi didampingi Ketua TP PKK, Hj. Evi Diana Erry bersama Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut 1437 Hijriyah 2016 berbuka puasa bersama dengan jajaran Pemkab Madina di Masjid Al Huda, Jln. A Yani, Kec. Natal, Madina, Sabtu (25/06/2016).

Safari Ramadhan bersama jajaran Pemkab Madina dan masyarakat Natal di Masjid Al Huda, dirangkai dengan berbuka puasa bersama, sholat maghrib dan tarawih berjamaah.

“ Kunjungan kami ke Madina ini untuk mengeratkan silahturahim pada bulan Ramdhan, bulan yang penuh berkah. Pembangunan fisik diperlukan, namun pembangunan spiritual jangan ditinggalkan,” ucap Erry.

Kepada Pemkab Madina, Erry berharap Madina menjadi daerah yang melahirkan santri sekaligus pusat religi, tidak hanya di Sumut namun juga di Indonesia.

“ Kita mengenal Madina dengan julukan daerah Sejuta Santri. Kalau Aceh punya Serambi Mekah, Madailing Natal adalah Madinahnya. Tetapi saya juga sedih, Madina kini menjadi daerah produsen narkoba jenis ganja. Saya agak miris dengar laporan Pak Danrem, beberapa waktu lalu ditemukan lagi ladang ganja lebih 80 hektar di Madina ini,” sebut Erry.

Dijelaskannya, Panjang ruas jalan provinsi di Madina sepanjang 142,560 km dari total panjang jalan provinsi sepanjang 2.686 km.

“ Kondisi kemantapan jalan khusus Kabupaten Madina pada akhir tahun 2015 adalah 67,28%. Kita berharap kondisi jalan mantap di Madina terus meningkat,” harap Erry.

Guna mendorong penyediaan transportasi udara di wilayah Madina, Pemprov Sumut telah menghibahkan area untuk rencana lokasi bandara udara.

“ Ini termasuk daerah yang paling jauh. Dengan adanya bandara nanti pasti lebih dekat. Banyak lokasi perkebunan akan menunjang keberadaan bandara,” tambah Erry.

Selain dibidang infrastruktur, Pemprov Sumut dan pemerintah pusat juga menyalurkan bantuan senilai Rp.27,014 miliar berupa pemberian bibit padi organik, jagung dan alat mesin pertanian, perluasan sawah dan Saprodi. Demikian juga bidang lain diantaranya perikanan dan kelautan.

Bidang pendidikan, Pemprov Sumut akan membantu pembangunan gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kecamatan Natal.

“ Syaratnya, lahan disediakan Pemkab Madina. Biaya pembangunan akan dibantu provinsi,” sebut Erry.
Tidak lupa Erry mengimbau Pemkab Madina menerapkan Program Adminstrasi Terpadu Kecamatan (Paten), yakni layanan dengan mendelegasikan sebagian pemberian izin ke tingkat kecamatan, seperti izin UMKM dan lainnya.

“ Salah satu kendala mendorong pertumbuhan UMKM adalah tidak memiliki legalitas. Akibatnya UMKM sulit mendapatkan pinjaman dari pihak perbankan,” sebut Erry.

Berdasarkan laporan Kepala BNN Sumut, setelah dilakukan test urine terhadap salah satu sekolah di Madina, dari 100 sampel, 50% terindikasi menggunakan narkoba.

Fakta ini hendaknya menjadi peringatan bagi semua. Oleh karena itu, saya berharap alim ulama dan orang tua terus perhatikan anak- anak. Apalagi Madina miliki panjang pantai luas dan hutan lindung yang belum tersentuh yang memugkinkan adanya kegiatan penaman ganja.

“ Saya berharap anak- anak kita bisa menjadi generasi penerus yang lebih baik dari kita. Jangan sampai mereka rusak, karena kurang perhatian dari kita,” imbau Erry.

Dalam kesempatan itu juga, Gubsu, Tengku Erry Nuradi dan Ketua TP PKK Sumut, Hj. Evi Diana Erry didampingi Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution dan Kabinda Sumut Brigjen TNI Sungkono menyerahkan tali asih secara simbolik masing-masing Rp.200 ribu kepada 100 anak yatim dan anak kurang mampu, masing-masing Rp.300 ribu bagi kaum ulama dan guru mengaji serta santunan pembangunan masjid untuk masjid Rp.15 juta.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Madina, Drs. Dahlan Hasan Nasution, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan SKPD Pemkab Madina. Sedangkan rombongan Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumut turut Kabinda, Brigjen TNI Sungkono, Ustadz H. Anhar Nasution dan Bahron, qori Ahmad Chairi Novandra, serta sejumlah Kepala SKPD Sumut.

 

 

(Laporan dari Madina, MB-03)

Loading...

Comments

comments

Pos terkait