Wapres Minta PMI Sumut Kerja 24 Jam

example banner

Teks Foto : Wapres Didampingi Gubsu Saat Meresmikan Markas dan UTD PMI Sumut. (Saf)

Medan Berita – Wakil Presiden (Wapres), Jusuf Kalla (JK) menegaskan, markas PMI wajib beroperasi 24 jam setiap hari, tanpa mengenal hari libur demi memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, terutama bagi masyarakat yang membutuhkan pasokan darah secara cepat.

Penegasan itu disampaikan JK saat meresmikan Markas PMI Sumut sekaligus meninjau Unit Transfisi Darah (UTD) di Jln. HM Said Medan, Sabtu (30/07/2016) sore.

Hadir dalam acara tersebut Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Ir H. Tengku Erry Nuradi, MSi, Ketua PMI Sumut, DR Rahmat Shah, Ketua PMI Kabupaten/Kota di Sumut, tokoh masyarakat, sejumlah donatur dan para undangan.

Dalam kesempatan itu, JK yang juga selaku Ketua PMI Pusat berharap dengan adanya markas PMI berlantai 3 yang dilengkapi UTD modern, pelayanan PMI Sumut semakin meningkat.

“ Lima tahun lalu saya pernah datang ke kantor ini. Kondisinya masih seadanya dan stok darah masih minim. Hanya cukup untuk setengah hari saja. Untuk memenuhi kebutuhan darah, terpaksa minta dari Surabaya dan daerah-daerah lain,” kenang JK.

JK berharap, PMI Sumut mampu memenuhi kebutuhan darah, tidak hanya di Sumut, namun juga membantu daerah lain yang membutuhkan.

“ Sekarang gedungnya sudah baru dan megah. Alatnya juga modern. Stok sekarang juga cukup yang dihimpun dari pendonor. Tetapi pastikan kualitas darah benar-benar baik dan steril dari penyakit. Jangan sampai darah yang kita suplay tercemar HIV-AIDS,” pesan Kalla.

Pelayanan PMI, sebut JK, harus maksimal, tanpa mengenal waktu. Operasional markas PMI harus berjalan 24 jam.

“ Masyarakat butuh darah kapan saja. Tak kenal siang atau malam. Jangan ada istilah esok. Pasien bisa meninggal dunia kalau tidak dapat darah,” tegas Kalla.

Sementara Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi menyatakan apresiasi atas semangat jajaran pengurus PMI Sumut yang terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, termasuk dengan membangun markas komprehensif yang dilengkapi UTD modern.

“ Langkah ini layak mendapat apresiasi, karena PMI terus bekerja memberikan pelayanan prima untuk masyarakat,” ujar Erry.

Dalam kesempatan itu, Wapres JK didampingi Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi juga melantik pengurus PMI Sumut periode 2016-2021.

“ Kepada pengurus PMI yang barus saja dilantik, saya berharap agar menjalankan tugas, tanggungjawab dan amanah dengan baik. Begitu juga kepada pengurus sebelumnya, terima kasih atas loyalitas dalam menjalankan tugas,” sebut Erry.

Tidak lupa Erry berpesan, PMI Sumut meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk lintas instansi dan institusi untuk menggalang stok darah.

“ Dengan demikian, kita berharap PMI Sumut menjadi PMI terbaik se-Indonesia,” harap Erry.

Ketua PMI Sumut, Rahmat Shah mengatakan, sebelumnya kondisi gedung markas PMI Sumut sangat memprihatinkan. Demikian juga UTD seadanya hingga stok darah tidak mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Medan.

Beranjak dari keterbatasan tersebut, PMI kemudian berjuang membangun markas komprehensif, menyiapkan perlengkapan representatif yang dilengkapi UTD modern.

“ Sebelumnya, kita kekurangan stok darah. Aset tidak terdata dan tidak terawat. Semua serba seadanya. Alhamdulillah, sekarang jauh lebih baik. Semua kita lakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Rahmat.

Sebelum seremoni peresmian berlangsung, Wapres JK dan Gubernur Sumut meninjau ruang UTD PMI Sumut.

(Laporan dari Medan, MB-03)

Loading...

Comments

comments

Pos terkait