SPN Sampali Pindah ke Hinai

example banner

Teks Foto : Komjen Pol Syafruddin Didampingi Gubsu, Kapoldasu, Wakapoldasu, Kajatisu Saat Meresmikan SPN Polda Sumut. (Saf)

 

Bacaan Lainnya

Langkat, MB – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Ir H T. Erry Nuradi, MSi mengharapkan dengan hadirnya Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sumut menjadi SPN Teladan dan kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Utara. Karena lanjut Gubsu SPN Polda Sumut dengan luas 37 ha lebih merupakan SPN terbesar di seluruh Indonesia.

” SPN Polda Sumut yang terluas di Indonesia hanya berbeda luas sedikit dengan Akpol diharapkan dapat memberi semangat bagi para siswa, pendidik dan pengasuh menjadi suri tauladan yang baik. Jadikanlah SPN Polda Sumut ini menjadi SPN Teladan dan Kebanggan masyarakat Sumatera Utara di seluruh Indonesia,” ujar Gubsu.

Hal tersebut disampaikan Gubsu pada Peresmian Pengoperasian Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sumatera Utara, Rabu (10/08/2016) di Kec. Hinai, Kab. Langkat.

Hadir pada acara tersebut Kalemdiklat Polri Komjen Pol Syafruddin, Kapoldasu Irjen Pol Radi Budi Winarso, Wakapoldasu, Kajatisu, Bambang Sugeng Rukmono, dan mewakili FKPD Provsu, para bupati/walikota se Sumateara Utara, tokoh masyarakat Melayu, H. Syamsul Arifin, Anggota DPR RI, Ali Umri dan tokoh agama, para kepala SKPD Provsu, para kapolres dan jajaran Polda Sumatera Utara.

Pada kesempatan itu Gubsu juga menyampaikan pesan para bupati/walikota agar bupati/walikota dapat memberikan rekomendasi agar calon-calon bintara dari kabupaten kota dapat di didik di SPN Polda Sumut sebagai perwakilan dari kabupaten/kota.

” Paling tidak 2 atau 5 orang calon-calon bintara dapat di didik di SPN Polda Sumut sebagai perwakilan dari kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara. Merupakan kebanggaan bagi masyarakat di daerah Sumatera Utara bisa menjadi Bintara Polri,” sebut Gubsu.

Gubsu pada kesempatan itu juga mengajak seluruh masyarakat Sumatera Utara terutama dari jajaran kepolisian Sumatera Utara untuk memanfaatkan Gedung SPN dengan baik khususnya dalam peningkatan SDM dan juga mendidik putra-putri Sumatera Utara sebagai bhayangkara sejati yang memiliki nilai-nilai kearifan lokal yang menjadi panutan masyarakat Sumatera Utara.

” Gedung SPN Polda Sumut ini sudah lama ditunggu-tunggu sekitar 10 tahun yaitu sejak tahun 2006 baru tahun 2016 akan diresmikan. Diharapkan akan lahir bintara-bintara yang handal dan menjadi teladan dan kebanggaan masyarakat Sumatera Utara,” ujar Gubsu usai menghadiri Upacara pembukaan Pendidikan Siswa Diktuk Brigadir Polri TA. 2016 di SPN Polda Sumut.

Menyahuti permintaan dari para bupati/walikota di Provinsi Sumatera Utara Kepala Lembaga (Kalem) Diklat Polri, Komjen Pol Drs Syafruddin menyatakan bahwa pihaknya menyetujui usulan tersebut dan akan menindaklanjuti usulan tersebut dengan memerintahkan para kapolres di jajaran Polda Sumatera Utara untuk mempersiapkan sejak awal calon-calon bintara perwakilan dari kabupaten/kota dengan berkoordinasi dengan para bupati/walikota se Provinsi Sumatera Utara.

Usulan tersebut sangat baik, selain bisa memenuhi permintaan untuk calon-calon perwakilan dari kabupaten kota juga untuk proses rekrutmen yang objektif sehingga menghasilkan bintara-bintara yang berkualitas.

” Memang kita memerlukan itu, bukan hanya dari segi jumlah untuk memenuhi kuota, tetapi aspek kearifan lokal. Agar dalam tugasnya dapat menjadi contoh di daerahnya,” sebut Syafruddin yang pernah menjadi Wakapolda Sumut.

Syafruddin juga mengatakan bahwa keberadaan SPN bukan hanya untuk kepentingan pembangunan sumber daya manusia Polri saja, melainkan dapat dimanfaatkan oleh jajaran pemerintah provinsi dan kabupaten kota untuk diklat atau kursus-kursus, rapat-rapat dan sebagainya.

” Semua SPN, semua Pusdik, lembaga-lembaga pendidikan yang ada dijajaran polri bisa dimanfaatkan. Semua ini milik kita,” sebut Syafruddin.

Kepada Kapolda Sumut dan jajaran Syafruddin mengimbau agar tidak berhenti untuk terus melengkapi sarana dan prasarana SPN Polda Sumut maupun komponennya. Proses input dan output dapat terjaga dengan baik kualitasnya sesuai dengan grand strategy polri menuju lembaga pendidikan yang berkualitas.

Lembaga pendidikan ini akan dapat berjalan dengan baik tentunya dengan peran serta seluruh komponen masyarakat. Dengan berdirinya SPN Polda Sumut ini diharapkan dapat menopang sumber daya manusia yang berkualitas dengan meningkatkan kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah.

” Dengan diresmikannya pengoperasian SPN Polda Sumut diharapkan akan lahir bintara-bintara yang berkualitas dan humanis dan handal,” kata Syafruddin.

(Laporan dari Langkat, MB-03)

Loading…

Comments

comments

Pos terkait