Anggota Koramil 01/MD Giat Pendampingan di Medang Deras

Teks Foto: Koptu A. Razak, Anggota Koramil 01/MD Melaksanakan Giat Pendampingan di Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, tepatnya Desa Sidomulyo, Senin, 26 Maret 2018. (MB)

 

Muat Lebih

banner 728x90

B.BARA (Medan Berita)

Anggota Koramil 01/MD, Babinsa, Koptu A. Razak melaksanakan kegiatan pendampingan membantu petani mencabut bibit padi jenis ciherang di Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, tepatnya Desa Sidomulyo, Senin, 26 Maret 2018.

Kegiatan cabut bibit padi milik Darman kelompok tani sepakat dihadiri oleh Ketua kelompok Tani, Safii, Danramil, Kapten Inf SK Purba, PPL CH. Simanjuntak, Ketua PPL, Robet Manalu.

Kapten Inf SK Purba, Danramil 01/MD mengatakan, petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan “jajar legowo” dengan harapan tingkat pertumbuhan rumpun padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen,‎ pada program ketahanan pangan di Kabupaten Batubara khususnya Kecamatan Rubaru.

” Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah dalam ketahanan pangan nasional,” ungkapnya.

Sedangkan tanggapan Kapten Inf SK Purba, tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola “jajar legowo”, tetapi berdasarkan teori ahli, sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen perhektarnya.

“ Anggota Babinsa bersama UPT Pertanian dan PPL berupaya mengoptimalkan lahan tersebut guna mewujudkan target ketahanan pangan di Kabupaten Batubara,” katanya.

Atas kegiatan itu, Mohamad Sahid salah seorang petani yang lahannya dijadikan lokasi pendampingan menyampaikan terima kasih adanya peran serta Bapak Babinsa dalam pendampingan dalam cara membibit, mencabut Bibit dan menanam padi.

Ditambahkannya,‎ sebelumnya Bapak dari Dinas Pertanian jarang sekali memberikan pendampingan, mungkin karena jumlah mereka yang terbatas, namun dengan adanya keterlibatan TNI melalui Babinsa tentunya memberikan motivasi tersendiri bagi para petani,” ucap Said.

Dalam pendampingan ini, Sahid berharap yang dilakukan oleh Bapak-Bapak Babinsa dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan, sehingga diharapkan dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan,” harapnya.

(Laporan dari B.Bara, MB)

Comments

comments

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *