Koramil 01/MD Laksanakan Penanaman Padi dengan Transplanter

example banner

Teks Foto: Babinsa Kodim 0208/Asahan, Koptu Hasanuddin Melaksanakan Kegiatan Penanaman Padi dengan Transplanter di Desa Durian, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, Kamis (19/04/2018). (MB)

 

Bacaan Lainnya

B.BARA (Medan Berita)

Anggota Koramil 01/MD Babinsa Kodim 0208/Asahan, Koptu Hasanuddin melaksanakan kegiatan penanaman padi dengan menggunakan mesin tanam (Transplanter) di lahan Bapak Atas di Desa Durian, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara. Kamis (19/04/2018).

Adapun pendampingan Kelompok Tani Jaya Tani dilakukan pada Program Ketahanan Pangan di Kabupaten Batubara ini yakni Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada Petani untuk langsung terjun ke sawah, guna membantu kegiatan petani demi bersinergi dengan program Pemerintah Pusat demi tercapainya ketahanan pangan secara menyeluruh bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) dan Kelompok Tani Jaya Tani melakukan penanaman padi dengan menggunakan mesin tanam padi “Rice Transplanter”.

Setelah kami kalkulasi dengan cara tradisional, maka menggunakan alat mesin pertanian sangat efektif dan efisien,” kata Koptu Hasanuddin.

Dengan mengolah lahan secara manual, menurutnya, membutuhkan waktu berhari-hari dan saat ini tenaga tanam sudah semakin langka, sedangkan dengan adanya mesin bajak dan mesin tanam dapat dilakukan dengan cepat sekali, sehingga sangat menghemat waktu petani dalam menggarap sawah.

” Upaya percepatan tanam sudah merupakan langkah yang harus dilakukan dengan adanya dukungan alat mesin pertanian yang ada dan merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan petani, serta produktifitas pertanian,” tuturnya.

Dikatakannya lagi, ini merupakan bukti kepedulian TNI khususnya Jajaran Kodim 0208/Asahan untuk membantu petani memperoleh hasil yang maksimal tanpa ada kendala dengan kemajuan teknologi.

” Bagi para petani, apa yang diberikan anggota TNI sangat membantu dan memotivasi petani untuk ikut mendukung dalam mensukseskan swasembada pangan,” ujar Babinsa.

(Laporan dari B.Bara, MB)

Loading…

Comments

comments

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *