Pemilik Lahan: Turunnya Babinsa Bantu Petani, Bukan Hanya Teori Tapi Nyata Dilaksanakan

example banner

Teks Foto: Babinsa Koramil 10/SR Kodim 0204/Deli Serdang, Serka A. Simarmata Bantu Kelompok Tani Sederhana Mengambil/Memberantas Hama Padi Jenis Keong di Area Sawah yang Ada di Desa Pematang Ganjang, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Berdagai, Kamis (19/04/2018). (MB)

 

Bacaan Lainnya

SERGAI (Medan Berita)

Kegiatan pendampingan yang dilakukan Babinsa Koramil 10/SR Kodim 0204/Deli Serdang, Serka A. Simarmata dalam membantu Kelompok Tani Sederhana mengambil/memberantas hama padi jenis keong di Area sawah yang ada di Desa Pematang Ganjang, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Berdagai, Kamis (19/04/2018).

Menurut pemilik lahan, Saudara Darman turunnya Babinsa membantu Petani sangatlah bermanfaat karena bukan hanya teori saja yang ia kerjakan tapi nyata dilaksanakan di lapangan,” sebutnya.

Serka A. Simarmata menjelaskan, kelompok hama jenis keong ini memang sudah cukup mengganggu tanaman padi dan petani cukup dibikin resah akibat hama tersebut. Berbagai upaya dilakukan oleh Babinsa dan petugas PPL bersama Petani untuk membendung serangan hama keong seperti dengan melakukan penyemprotan membasmi telur keong, menjaga dan mengontrol debit air sawah agar tidak tinggi, membuat penghalang saluran air agar hama keong tidak menyebar ke petak sawah lainnya dan meletakan daun pepaya atau daun talas agar hama keong tersebut berkumpul di satu tempat sehingga memudahkan kami untuk mengambil hama keong tersebut,” ungkapnya.

Dikatakannya lagi, musim tanam kedua kali ini untuk kesediaan air cukup karena aliran irigasi dan curah hujan masih ada. Akan tetapi yang dikeluhkan para petani adanya gangguan hama keong mas yang memakan tanaman padi yang baru di tanam sehingga bibit padi pada mati dan petani harus menanam dua kali.

” Bibit padi yang baru ditanam sore hari paginya sudah habis akibatnya harus tanam kembali, hal itulah yang sekarang ini menjadi kendala dan mendengar laporan dari petani, kami pun kemudian membantu petani guna mengatasi gangguan hama tersebut secara manual dengan mengambili keong mas di sawah,” ujar Simarmata sembari menambahkan tindakan babinsa ini sebagai wujud kerja babinsa dalam melaksanakan pendampingan pertanian kepada para petani guna mewujudkan upaya khusus swasembada pangan khususnya di wilayah binaan Koramil 10/SR Kodim 0204/Deli Serdang.

(Laporan dari Sergai, MB)

Loading…

Comments

comments

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *