Kodim 0204/DS Jajaran Laksanakan Pendampingan di Lahan Kelompok Tani Sepakat

Teks Foto: Serka Ar Lubis Bersama Anggota PPL Saat Melaksanakan Pendampingan Petani di Lahan Bapak Indra Kelompok Tani Sepakat, Kelurahan Mandailing, Kecamatan Tebing Tinggi,  Kota Kota Tebing Tinggi, Sabtu (21/04/2018). (MB)

 

Muat Lebih

banner 728x90

T.TINGGI (Medan Berita)

Kodim 0204/Deliserdang jajaran Koramil 13/TT, Serka Ar Lubis bersama anggota PPL melaksanakan pendampingan terhadap Petani di lahan milik Bapak Indra Kelompok Tani Sepakat, Kelurahan Mandailing, Kecamatan Tebing Tinggi,  Kota Kota Tebing Tinggi, Sabtu (21/04/2018).

Pendampingan dilakukan dengan cara melaksanakan pembajakan sawah menggunakan traktor adalah cara pengolahan lahan baru yang dapat membantu Petani untuk menyuburkan tanah yang akan ditanami karena dengan sistim Traktor ini akan mengubah sifat fisik tanah agar lapisan atas yang semula keras menjadi datar dan melumpur.

Adapun keuntungan yang didapat selama pengolahan tanah yaitu gulma mati yang kemudian akan membusuk menjadi humus, airisasi tanah menjadi lebih baik dan lapisan bawah tanah jenuh air sehingga dapat menghemat air.

Babinsa Koramil 13/TT, Serka Ar Lubis mengungkapkan, pada pengolahan tanah sawah dilakukan perbaikan dan pengaturan pematang sawah serta selokan.

” Ini dilakukan agar Galengan (Pematang) sawah tetap baik untuk mempermudah pengaturan irigasi sehingga tidak boros air dan mempermudah perawatan tanaman.

Dengan pengolahan lahan menggunakan traktor, ini diharapkan para petani akan lebih mudah merawat tanaman serta dapat menghasilkan panen yang lebih baik, sehingga kebutuhan pangan dapat terpenuhi dan dengan meningkatnya hasil panen akan mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan nasional,” cetusnya.

Draiver traktor, Serka Ar Lubis bersama Petani berusaha mengolah lahan cepat selesai agar percepatan tanam padi segera dilakukan.

” Sebelumnya, lahan persemaian yang sudah dibuat telah disebar benih padi, diharapkan menjelang musim tanam, sawah-sawah sudah siap untuk ditanami,” harap Koramil 13/TT.

(Laporan dari T.Tinggi, MB)

Comments

comments

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *