Kawanan Pelaku Pembacok Keluarga Wartawan Berhasil Ditangkap

DAIRI (Medan Berita)

Petugas gabungan dari Ditkrimum Polda Sumut dan Polres Dairi berhasil menangkap kawanan pelaku pembacok keluarga Wartawan di Desa Bukit Lau Kersik, Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi yang terjadi pada Jumat (31/5/2019) lalu.

Muat Lebih

banner 728x90

“Alhamdulilah hari ini, jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum bekerjasama dengan Polres Dairi telah berhasil mengungkap, kasus penganiayaan satu keluarga marga Sembiring,” kata Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto saat memaparkan para pelaku di Mapolda Sumut, Senin (17/06/2019).

Dijelaskannya, dalam kasus ini, tim gabungan berhasil meringkus 7 orang pelaku. Ketujuh pelaku yang ditangkap mulai dari pelaku penyuruh hingga tim eksekutor antara lain: pelaku inisial ST (66) Warga Jalan SM Maraja, Tiga Lingga, Dairi yang merupakan otak pelaku. Kemudian, W alias Oka (46) warga Medan yang berperan sebagai perencana pembunuhan dan perekrut eksekutor. Mereka terpaksa dilumpuhkan karena berusaha melawan saat penangkapan.

Selanjutnya BH (46) warga Aceh Tamiang, JG alias Yudi (40) warga Langkat, BS (21) warga Langkat dan BS(26) warga Labura yang masing-masing bertindak sebagai eksekutor dan diupah bervariasi mulai dari Rp3,5 juta hingga Rp.6juta.

Serta MT (61) warga Dairi yang bertugas mensurvei rumah korban dan menyediakan sepeda motor dan uang sebesar Rp.10 juta untuk operasional para eksekutor.

“Motifnya motif dendam yang dilatar belakangi karena sengketa masalah pertanahan. Dimana korban menguasai lahan yang 1,5 hektarnya, terjadi silang sengketa dari ipar pelaku yang sekarang yang ditangkap,” ucap Jenderal bintang dua.

Sementara itu Direktur Ditkrimum Polda Sumut, Kombes Pol Andi Rian menambahkan, pelaku berinisial ST memang sudah lama mengancam korban akibat permasalahan ini. Bahkan pelaku sempat mengancam korban dengan mengatakan akan menunggu korban pensiun.

“Dia memang sudah mengancam-ngancam. Ko tunggu kau pensiun habis kau kubuat . Itu sudah ngancam si korban dia ngancam di sana,” sebut Andi.

Para pelaku sebut Andi diringkus dari sejumlah lokasi berbeda pada Sabtu (15/06/2019) kemarin. Lokasi penangkapan ada yang di Aceh Tamiang, Langkat serta Medan.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa pembacokan keluarga wartawan Persada Sembiring sebagai anak salung itu terjadi pada Jumat (31/05/2019) subuh sekitar pukul 03:00 WIB. Kejadian berawal ketika lima orang tak dikenal dengan menggunakan sebo (penutup muka) masuk ke rumah Orang tuanya yang terletak di Desa Bukit Lau Kersik, Kecamatan Gunung Sitember, Kabupaten Dairi dengan cara mendobrak pintu masuk. Kemudian para pelaku langsung menganiaya Ayah, BS (58), pensiunan Polisi dan Ibunya, Ristiani Samosir (48) serta ketiga adiknya, Semangat Sembiring (20), Maria Keke Sembiring (18) dan Abraham Sembiring (10) dengan menggunakan senjata tajam, usai melakukan aksinya para pelaku bertopeng kemudian melarikan diri.

(Dairi, MB)

Comments

comments

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *