Usai Dilantik Presiden, Listyo Sigit Prabowo Resmi Jabat Kapolri

example banner
MEDAN BERITA – Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021).

Pelantikan Orang nomor satu di institusi Polri tersebut dimulai pukul 09.30 WIB, usai Presiden Jokowi menjalani vaksinasi kedua. Listyo dilantik berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 7 Polri Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang ditetapkan pada 27 Januari 2021 serta menetapkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Komjen Polisi menjadi Jenderal Polisi.

Bacaan Lainnya

Presiden Jokowi lalu mengambil sumpah jabatan atas Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri baru.

“Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan berjanji dengan sungguh-sungguh, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Presiden Jokowi yang diikuti Listyo.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung Tribrata,” lanjut Jokowi yang juga diikuti Listyo.

Setelah itu, Listyo selanjutnya menandatangani berita acara pengangkatan sebagai Kapolri yang didampingi dua saksi, yakni Mendagri Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Setelah pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi melakukan penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan tanda jabatan serta menyerahkan tongkat jabatan Kapolri kepada Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.
Acara pelantikan tersebut kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta kemudian diikuti para tamu undangan terbatas.

(Medanberita, Jakarta)

Loading…

Comments

comments

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *